RAN Buktikan Kepedulian Terhadap Lagu Anak-Anak

Rabu, 24 Juli 2024 – 07:17 WIB
RAN. Foto: Dok. Creathink Publicist

jpnn.com, JAKARTA - Grup musik, RAN membuat sebuah terobosan dengan meluncurkan album anak yang berjudul 'RAN For Your Kids'.

Album tersebut dirilis bertepatan dengan Hari Anak Nasional 2024 yakni pada, 23 Juli 2024.

BACA JUGA: RAN Janjikan Perayaan yang Luar Biasa

RAN For Your Kids lahir dari kepedulian RAN terhadap anak Indonesia yang kini banyak mengonsumsi lagu-lagu dewasa dan lagu anak berbahasa asing.

Sebagai generasi yang tumbuh bersama lagu anak, RAN merasa memiliki tanggung jawab moral untuk berupaya memberikan pengalaman yang sama kepada anak Indonesia hari ini.

BACA JUGA: RAN Buat Orang yang Paling Kubenci Versi Baru

Salah satu caranya yakni merayakan kegembiraan lewat lagu yang memiliki nilai-nilai positif, memotivasi, dan dinyanyikan dengan bahasa ibu, yaitu bahasa Indonesia.

"Dahulu sangat mendengarkan lagu-lagu anak, banyak juga memori yang melekat dengan lagu anak. Bahkan mungkin secara musikalitas sangat memperkaya musikalitas kami. Hari-hari jadi ceria misalkan berangkat sekolah dengerin lagu anak happy banget. Atau liburan dengar kaset lagu-lagu anak. Intinya sih membuat masa kecil kami lebih fun," ungkap Asta Andoko, personel RAN.

BACA JUGA: Daya Tarik Turnstile di We The Fest 2024

Pengalaman para personel RAN yakni Rayi, Asta, dan Nino terhadap lagu anak sangat mendalam dan sentimental.

Rayi pernah menjadi penari latar dalam video musik lagu anak Aku Cinta Rupiah yang dibawakan Cindy Cenora pada 1998.

Sementara itu, Nino selalu terkenang bagaimana keriaan menyanyikan lagu anak Indonesia bersama-sama dalam acara ulang tahun teman-temannya saat kecil.

Pengalaman tersebut mungkin tidak banyak dialami anak Indonesia saat ini di tengah gempuran dan candu gawai.

"Kami yakin, sebenarnya lagu anak sekarang itu banyak, tetapi tidak terlalu relate dengan orang tuanya. Padahal, pintu masuk ke anak-anak itu pasti melalui orang tua. Jadi, kami menghadirkan figur yang bisa menjadi jembatan ke orang tua zaman sekarang yang seumuran kita. Salah satunya dengan berkolaborasi dengan Kak Seto dan menghadirkan kembali sosok Si Komo," jelas Nino RAN.

Album RAN For Your Kids berisi 8 track yang terdiri dari 3 lagu RAN, yaitu Selamat Pagi, Sepeda, dan Dekat di Hati, 1 lagu anak ikonik dari era 90-an dengan sedikit gubahan sesuai zaman Macet Lagi (Si Komo naik MRT), plus 4 voice over naratif dari Kak Seto tentang universe RAN For Your Kids.

RAN melibatkan Alvin Witarsa sebagai ko-produser dalam album RAN For Your Kids.

"Kami memperkenalkan soal menjaga lingkungan lewat lagu 'Selamat Pagi.' Kita tahu pagi hari di kota-kota besar sekarang tercemar polusi udara. Kemudian kami perkenalkan lagu Sepeda, sebagai solusi menghindari kemacetan. Lagu 'Dekat di Hati' juga membawa pesan cinta yang universal, bisa dikaitkan dengan cinta keluarga atau teman," ujar Rayi RAN.

Menariknya, RAN juga melibatkan talenta anak secara langsung, yaitu Velyn Elsa, Khayla Khay, dan Achmad Barakha.

Semangat kolaborasi tersebut mengukuhkan visi RAN yang mendukung bakat anak Indonesia di bidang musik dengan memberi kesempatan untuk berkarya.

Ketiga talenta anak itu didapatkan melalui proses seleksi yang diikuti ratusan peserta dari seluruh Indonesia.

Selain merilis album melalui digital streaming platform, RAN juga akan meluncurkan empat video musik secara berkala.

Video musik menampilkan para personel RAN dalam wujud karakter animasi dengan narasi cerita yang menstimulasi daya imajinasi kreatif anak. (ded/jpnn)


Redaktur & Reporter : Dedi Yondra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler