Rano Karno Bilang Tak Ada Orang yang Cintanya Kepada Alam Melebihi Megawati

Rabu, 24 Maret 2021 – 16:26 WIB
Mantan Gubernur Banten Rano Karno. Foto: screenshot akun DPP PDIP di Youtube

jpnn.com, JAKARTA - Mantan Gubernur Banten Rano Karno menyatakan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri selalu mengingatkan kadernya untuk tak pernah menumbalkan hutan demi pembangunan.

Rano menceritakan pernah mendapat wejangan dari Megawati agar mengedepankan kebijakan lingkungan dalam pembangunan daerah.

BACA JUGA: Bicara Soal Budaya, Rano Ungkit Kisah Bung Karno dan Pak Marhaen

Hal itu disampaikan anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan itu dalam acara peluncuran buku Merawat Pertiwi, Jalan Megawati Soekarnoputri Melestarikan Alam, pada Rabu (24/3).

Menurut Rano, berdasarkan interaksi di dunia politik atau bahkan sepanjang perjalanan hidup selama ini, dirinya berani menyebut bahwa tak ada orang yang cintanya kepada alam melebihi Megawati.

BACA JUGA: PDIP Luncurkan Buku Jalan Megawati Soekarnoputri Melestarikan Alam

"Bukan sekadar slogan. Dalam berkali-kali interaksi, Ibu Megawati menjadi guru sekaligus penyimak yang tekun dalam bertukar kisah tentang lingkungan yang hijau. Juga tentang bumi yang harus dirawat hingga batas terjauh," kata Rano.

Dia menilai kebijakan partai juga mengedepankan visi Megawati itu untuk mencintai alam.

BACA JUGA: Hasto Ungkap Menu Sarapan Megawati, Mengecam Menteri Lutfi

Rano mengisahkan, Megawati pernah menuturkan kegelisahannya tentang pembangunan yang kerap tidak ramah kepada lingkungan di banyak kota.

"Saat saya duduk menjabat gubernur, Ibu Megawati mengatakan jangan sampai pembangunan menumbalkan hutan dan menghancurkan apa-apa yang sudah dianugerahkan Tuhan," katanya.

Rano menilai Megawati selalu mengajarkan betapa bumi menjaga kelangsungan hidup dan peradaban manusia.

Maka sebaliknya, manusia pun berkewajiban untuk menjaga kelestarian alam dan lingkungan.

Dia masih mengingat bagaimana saat banyak pihak alpa pada peringatan Hari Bumi, Megawati justru tergerak turun menunjukkan kepeduliannya dan dilaksanakan dalam cara yang paling sederhana, tetapi terasa begitu mewah bersama rakyat.

"Dengan cara yang rendah hati Ibu Megawati tak ingin sekadar menyuguhkan kata. Ibu Megawati telah memberi keteladanan penting lewat sikap dan tindakan nyata bahwa tanpa kesediaan merawat alam, manusia tak berarti apa-apa," pungkas Rano.

Di acara itu, Megawati hadir secara virtual dari kediamannya di Jalan Teuku Umar, Jakarta.

Sementara di kantor DPP PDIP, dipimpin oleh Sekjen Hasto Kristiyanto yang hadir bersama Ketua DPP PDIP I Made Urip. Hadir juga Menteri Sosial Tri Rismaharini, mantan Menteri Pertanian Bungaran Saragih, mantan Menteri Lingkungan Hidup Sonny Keraf. (tan/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler