Raskin Dijual Mahal, Kades Nilai Wajar

Selasa, 03 Januari 2012 – 12:25 WIB

MUARADUA–Beras untuk warga miskin  (raskin) yang digelontarkan pemerintah untuk Desa Sukaraja, Kecamatan Mekakau Ilir  dijual oknum. Untuk ukuran 15 kg dijual seharga Rp65 ribu atau Rp4 ribu per kg.

‘’Tak masuk akal raskin dihargai Rp65 ribu per sak, artinya Rp4 ribu per kg, padahal saya dengar sampai titik distribusi hanya dihargai Rp1.600 per kg,’’ ujar Ahmad, warga Dusun IV Desa Sukaraja.

Dikatakannya, harga raskin Rp65 ribu sudah berlaku sejak Mei 2011. “Sudah sekitar tujuh bulanan raskin dijual, jadi setiap kita tebus raskin yang telah ditempatkan di kepala dusun (kadus) kita harus merogoh kocek sebesar Rp65 ribu,” ujarnya.

Sebelumnya, raskin juga dihargai Rp55 ribu per sak ukuran 15 kg. “Harga Rp55 ribu berlaku sejak lama sebelum bulan Mei 2011 lalu. Sekarang malah harganya naik Rp10 ribu menjadi Rp65 ribu per sak,”bebernya.

Sayangnya Camat Mekakau Ilir Samsul Huda  belum bisa dihubungi. Handphone-nya bernada sibuk.  Sementara handphone Kades Sukaraja tak aktif. Zaenudin, kades Srimenanti menilai wajar harga raskin dusun IV ditetapkan perangkat Desa Sukaraja sebesar Rp65 ribu. ‘’Ini mengingat raskin harus diangkut naik ojek yang jaraknya cukup jauh menuju Dusun IV Desa Sukaraja,’’ ujarnya.

Terpisah Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog) Baturaja Herry Darmawan melalui Kasi Pelayanan Publik M Ludi mengatakan harga raskin yang didistribusikan hingga ke titik distribusi di kecamatan seharga Rp1.600 per kg.

“Harga tersebut sudah ketentuan, masalah harga di luar titik tersebut di luar kewenangan kita, karena ada tim raskin dari kecamatan yang mendistribusikannya ke desa, silakan konfirmasi ke pihak kecamatan,” ujarnya.(dwa/ce2)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Tangan Kakek Hampir Putus Main Kembang Api


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler