Ratu Elizabeth II Dimakamkan Hari Ini, Begini Susunan Acaranya

Senin, 19 September 2022 – 05:55 WIB
Mendiang Ratu Elizabeth II akan dikebumikan hari ini, Senin (19/9). Foto: Reuters: Suzanne Plunkett

jpnn.com, LONDON - Setelah disemayamkan selama hampir satu pekan di Westminster Hall, jenazah Ratu Elizabeth II akhirnya akan dimakamkan hari ini, Senin (19/9).

Namun, sebelum sampai ke peristirahatan terakhirnya di Kastil Winsdor, jenazah pemimpin monarki terlama dalam sejarah Inggris itu masih harus melewati rangkaian ritual yang dimulai sejak tengah hari hingga malam waktu setempat.

BACA JUGA: Pangeran Saudi Diundang ke Pemakaman Ratu Elizabeth, Publik Inggris Murka

Berikut adalah rincian acara pemakaman Ratu Elizabeth II seperti dilansir BBC:

06:30: Westminster Hall ditutup dan persiapan untuk membawa jenazah Ratu ke Westminster Abby dimulai.

BACA JUGA: Ratu Elizabeth Segera Dimakamkan, Vladimir Putin dan Kim Jong-un Dilarang Datang

08:00: Pintu Westminster Abbey mulai dibuka untuk para tamu undangan.

10:44: Peti mati Ratu dibawa menggunakan kereta pengangkut senjata milik Angkatan Laut Kerajaan Inggris yang ditarik 142 pelaut ke Westminster Abbey untuk acara kebaktian.

BACA JUGA: Raja Malaysia Bakal Hadiri Pemakaman Ratu Elizabeth II

Anggota senior Keluarga Kerajaan, termasuk Raja Charles III beserta putranya, Pangeran William dan Pangeran Harry, akan ikut mengiringi kereta tersebut.

11:00: Kebaktian yang diperkirakan akan dihadiri oleh 2.000 tamu di Westminster Abbey dimulai.

Kebaktian akan dipimpin oleh Dekan Westminster David Hoyle, dengan Uskup Agung Canterbury Justin Welby memberikan khotbah. Perdana Menteri Liz Truss akan membacakan ayat dari Alkitab.

11:55: Menjelang akhir upacara, panggilan terompet pendek akan dimainkan diikuti mengheningkan cipta nasional selama dua menit.

12:15: Setelah kebaktian, kereta senjata akan membawa peti mati Ratu menuju Wellington Arch, di Hyde Park Corner London.

Big Ben akan berdentang dengan interval satu menit mengiringi arak-arakan tersebut. Salut senjata juga akan ditembakkan setiap menit dari Hyde Park.

13:00: Jenazah Ratu dijadwalkan tiba di Hyde Park dan langsung dipindahkan ke mobil jenazah untuk perjalanan terakhirnya ke Kastil Windsor.

15:00: Mobil jenazah diharapkan tiba untuk prosesi jalan kaki di Jalan Panjang Kastil Windsor. Jalan sepanjang tiga mil (5 km) akan dipagari oleh anggota angkatan bersenjata.

16:00: Peti mati akan memasuki Kapel St George untuk kebaktian yang hanya diikuti oleh orang-orang terdekat Ratu Elizabeth

19:30: Upacara pemakaman pribadi di Kapel Memorial Raja George VI di mana peti mati Ratu Elizabeth II akan disandingkan dengan peti mati sang suami untuk kemudian dikebumikan bersama-sama. (bbc/dil/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Adil Syarif

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler