Ratusan Buruh Bakal Gelar Aksi di Kantor Adidas

Minggu, 17 Maret 2013 – 12:32 WIB
JAKARTA - Ratusan pegawai PT Framas yang tergabung dalam Aliansi Pembela Buruh Hak Framas-Adidas, besok (18/3) akan mengelar aksi damai. Aksi itu untuk menuntut keadilan, lantaran 300 pekerja PT Framas yang berlokasi di Bekasi diputus kontraknya oleh Adidas.

Selama ini, PT Framas adalah sebuah perusahaan subkontraktor Adidas. "Kami diberhentikan kontrak secara sepihak, tanpa mengikuti aturan hukum ketenagakerjaan yang berlaku," keluh salah satu pegawai PT Framas-Adidas, Sinta Romaida pada JPNN, Minggu (17/3).

Dijelaskan Sinta, PT Framas berdalih para pekerja telah melebihi durasi kontrak. Hal itu dijadikan alasan PT Framas untuk  memperpanjang kontrak kerja dengan melanggar semua hak para pekerja. Pasalnya, PT Framas melakukan 3 bulan kontrak kerja dan terus memperpanjang status mereka sebagai pekerja tidak tetap (pekerja kontrak) per 3 bulan, selama lebih dari 3 tahun.

Padahal, kata Sinta, sesuai UU Nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan maka perusahaan diizinkan untuk mempekerjakan seorang dengan masa percobaan selama 3 bulan untuk Perjanjian Kerja Waktu Tidak Tertentu (PKWTT). "Setelah durasi tiga bulan, seorang pekerja harus diangkat menjadi pekerja tetap. Sedangkan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) yang ada di PT. Framas tidaklah patut disebut sebagai PKWT, karena jenis pekerjaan yang dilakukan merupakan pekerjaan inti dan dilakukan secara kontinyu setiap harinya," papar Sinta.

Yang jelas, sambung Sinta, hal itu bertentangan dengan pengaturan Pasal 59 UU No. 13 Tahun 2013. Senan, PKWT hanya untuk jenis pekerjaan yang bersifat musiman dan dapat ditentukan batas waktunya.

"Sehingga PKWT yang ada di PT Framas tidak sesuai dengan pengaturan PKWT seperti yang diatur oleh ketentuan Pasal 59 UUK, maka pekerja harus beralih status sebagai pekerja tetap," tuturnya.

Selain itu, sejak Desember 2012, kontrak mereka tidak diperpanjang  dan mereka semua kehilangan pekerjaan tanpa pesangon. Untuk itu, besok para buruh PT Framas akan melakukan aksi untuk menuntut haknya.

"Kami akan melakukan aksi damai Senin besok (18/3) pukul 12.00 siang di depan Kantor Adidas Indonesia, Jalan Jendral Sudirman, Jakarta Selatan. Semoga aksi kami besok tidak sia-sia dan hak-hak kami bisa terpenuhi," pungkasnya. (chi/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Optimis E-KTP Bisa Berlaku Seumur Hidup

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler