Ratusan Ikan Bertanding di The 4th Cianjur Koi Show

Minggu, 28 Oktober 2018 – 10:19 WIB
The 4th Cianjur Koi Show. Foto: Ist

jpnn.com, CIANJUR - Cianjur Nishikigoi Club menggelar The 4th Cianjur Koi Show 2018 di Hotel Ayola Hoci di Cipanas Cianjur, Jawa Barat, Sabtu (27/10).

Kontes ini mempertemukan berbagai kalangan pecinta ikan asal negeri sakura Jepang ini.

BACA JUGA: Budidaya Ikan Koi, Omzet Puluhan Juta Rupiah per Bulan

Mulai dari penghobi, pedagang/bisnis (dealer), peternak/breeder, hingga kolektor ikan Koi hadir dalam acara tersebut.

Ratusan pecinta ikan koi dari berbagai daerah di Indonesia mengukuti kontes koi tingkat nasional yang digelar di Cianjur.

Selain beradu kualitas, kontes ini juga bertujuan mendokrak pasar ikan koi Indonesia yang memiliki kualitas ekspor. Tentunya dengan harga bisa mencapai jutaan hingga ratusan juta rupiah.

"Selain acara ini mempertemukan berbagai kalangan tentunya dengan adanya kontes ikan koi akan meningkatkan popularitas dan juga nilai ekonominya," Ketua Cianjur Nishikigoi Club Ahmad Iden Damiri

Dalam ajang keempat kalinya yang digelar di Cianjur ini tercatat sebanyak 953 ikan dari 41 kota.

Seperti Tulungagung, Kediri, Blitar, Malang, Banten, Sumatra, Bali, NTB dan Sulawesi berlomba memamerkan ikan unggulan mereka.

"Kategori penilaian terdiri dari beberapa kriteria yang cukup beragam terkait keindahan warna, kebugaran tubuh, bodi ikan proporsional serta ikan yang ikut kontes tidak sedang sakit dan benar-benar sehat," ujar Kang Iden, sapaan akrab Ahmad Iden.

Potensi koi di Indonesia sudah tercatat menjadi yang ke dua setelah Jepang. Kualitas ikan yang bagus didapat dari beberapa daerah yang sudah melakukan ekspor ke beberapa negara, seperti Amerika dan Eropa.

Dalam kontes koi ini dimenangkan oleh Grand champion A pemilik hendri vandal asal Jakarta hendling samurai koi bandung, Grad Champion B Pemilik Ronal asal cianjur handling samurai koi cianjur, Grand champion C pemilik Selamet kurniawan asal jakarta handling boncel&narko bandung, dan Grand champion D pemilik Garren Widjaya asal jakarta handling ganding koi Cibodas

Pemenang ikan kontes akan dihargai lebih mahal dibandingkan ikan koi yang belum pernah memiliki pengalaman kontes.

Oleh karenanya, melalui kontes ini menjadi ajang untuk menyaring dan mensortir ikan koi dengan bibit baik dan bisa menjadi indukan yang baik.

Selain itu, melalui kegiatan kontes ikan koi tingkat nasional ini harapannya mampu memberi manfaat untuk memberikan spirit serta semangat kepada para pecinta Koi, pembudidaya dan para dealer serta masyarakat secara umum.

"Harapan kami, selain semakin populer di mata masyarakat serta tapi juga mampu meningkatkan minat masyarakat untuk memelihara ikan Koi," pungkasnya. (flo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler