Ratusan Nelayan Tradisional Pati Ungkap Perhatian Ganjar Selama Pimpin Jateng

Minggu, 03 September 2023 – 03:01 WIB
Para nelayan tradisional di Pati yang menyatakan dukungan untuk Ganjar Pranowo. Dok: Sukarelawan Ganjar.

jpnn.com, PATI - Kelompok nelayan tradisional Kabupaten Pati melakukan ritual "buang sial" atau Larung Sukerto sebagai bentuk dukungan kepada Ganjar Pranowo agar menjadi Presiden Indonesia 2024.

Kegiatan yang diselenggarakan di Desa Puncel, Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati itu diikuti ratusan masyarakat nelayan tradisional baik laki-laki maupun perempuan.

BACA JUGA: Alam Ganjar Pro Bermain Mobile Legends, Unjuk Kebolehan Bareng Raffi, Atta, dan Thariq

Ritual dimulai dengan doa bersama di desa tersebut secara melingkar. Mereka mendoakan supaya para nelayan mendapatkan keselamatan serta hasil tangkapan laut yang melimpah.

Kemudian berdoa agar Ganjar Pranowo berhasil mengungguli pesaing lainnya dan menjadi Presiden RI dalam pesta demokrasi 2024.

BACA JUGA: Ganjar Milenial Gelar Pelatihan Jurnalistik dan Karya Ilmiah Untuk Melawan Hoaks

"Harapan kami untuk Pak Ganjar ke depan bisa maju untuk RI1 dan kami nelayan tradisional khusus Pati mendukung penuh satu komando untuk menuju Pak Ganjar (RI) 1," kata Koordinator Nelayan Tradisional Kabupaten Pati, Umbar dalam siaran persnya, Sabtu (2/9).

Setelahnya, mereka menaiki perahu yang dihiasi bendera kelir merah putih bergambar wajah Ganjar Pranowo sebagai wujud kecintaan terhadap sosok Gubernur Jawa Tengah itu.

BACA JUGA: Ustaz Sahabat Ganjar Edukasi Warga dan Majelis Taklim soal Amalan Sunah

Perahu-perahu itu melaju dari Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Puncel menyusuri Sungai Silugonggo sampai ke muara di Laut Jawa, dan melarung sejumlah sesajen berisi nasi, ayam kampung, kelapa muda, pisang, dan lainnya di sana.

Umbar mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk dukungan secara penuh dari masyarakat nelayan terhadap Ganjar Pranowo.

Dia menyebutkan nelayan tradisional Jawa Tengah khususnya Kabupaten Pati telah merasakan banyak manfaat dari program-program yang digagas Ganjar Pranowo selama dua periode menjabat sebagai Gubernur Jateng.

Mulai dari pemecah gelombang atau jeti yang sangat berdampak pada aktivitas penangkapan ikan nelayan.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Pak Ganjar karena bantuan-bantuan termasuk jeti. Jeti itu ada dari Gubernur Pak Ganjar sehingga nelayan kami bisa melaut, siang, pagi, malam tidak ada kendala pendangkalan. Dulu sebelum ada jeti itu nelayan kami selalu kena kandas dangkal sehingga kapal-kapal kami tidak bisa masuk di sungai," kata Umbar.

Ganjar juga mencetus program lainnya untuk mensejahterakan nelayan dan mengoptimalkan hasil tangkapan seperti kartu nelayan, subsidi solar, hingga asuransi nelayan.

"Terima kasih Pak Ganjar. Karena sepuluh tahun ini Pak Ganjar sangat memperhatikan kami nelayan tradisional sehingga nelayan kami melautnya bisa nyaman karena ada program-program itu. Saya perwakilan nelayan (ucapkan) terima kasih Pak Ganjar. Semoga Pak Ganjar sehat selalu dan bisa menuju RI1," ujar dia.

Senada, salah satu Nelayan Pati, Sutopo juga merasakan keberpihakan Ganjar kepada nelayan begitu nyata, misalnya lewat Kartu Nelayan untuk memudahkan transaksi online, mendapatkan akses kredit usaha rakyat (KUR) serta bantuan solar subsidi.

Belum lagi kepribadian Ganjar yang santun dan merakyat akan terus diingat oleh nelayan.

"Itulah enaknya jadi nelayan, terima kasih Pak Ganjar. Semoga Pak Ganjar jadi Presiden, amin," ujar dia. (cuy/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Komunitas Lari Gelar Farewell untuk Ganjar Pranowo dan Siti Atikoh


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler