Ratusan Ondel-Ondel Bakal Meriahkan Jakarnaval

Jumat, 28 Juni 2013 – 20:45 WIB
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta siap menggelar karnaval jalanan yang dinamai Jakarnaval pada Minggu (30/6) lusa. Karnaval dalam rangka peringatan HUT DKI Jakarta ke-486 itu akan dimeriahkan oleh ratusan ondel-ondel.

Kepala Dinas Pariwisata DKI Jakarta, Arie Budiman, mengatakan bahwa dalam Jakarnaval itu akan ada sekitar 500 pelajar yang akan mengenakan kostum ondel-ondel. Menurutnya, kostum boneka raksasa khas Betawi itu akan dikemas secara modern. "Menariknya, bahan-bahan yang mereka buat itu dari bahan-bahan yang ramah lingkungan," kata Arie kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (28/6).

Peserta Jakarnaval bukan cuma dari dalam kota. Ada juga peserta asal luar Jakarta seperti Jember, Subang, Magelang dan Kutai Kertanegara. Mereka akan menggunakan kostum yang merepresentasikan budaya masing-masing wilayah.

Total, peserta karnaval dari dalam dan luar Jakarta sebanyak 1500 orang. Kemudian ada juga penampilan 32 kendaraan hias bertemakan budaya khas Betawi.

Arie menjelaskan, para peserta Jakarnaval sudah melakukan persiapan selama 4 bulan. Ia menjanjikan kegiatan Jakarnaval bakal memukau dan penuh dengan kejutan. "Nanti mereka akan peragakan koreografi yang sudah latihan selama empat bulan dan masih ada surprise-surprise lain yang akan kita saksikan tanggal 30 Juni," ujarnya.

Jakarnaval akan dimulai pada pukul 15.00 hingga pukul 18.00 WIB. Iring-iringan peserta karnaval akan dilepas dari depan Balai Kota DKI Jakarta, Medan Merdeka Selatan. Selanjutnya, karnaval akan menyusuri Jalan Thamrin, Bundaran HI, Jalan Sudirman dan kembali ke Lapangan Silang Monas. (dil/jpnn)


BACA ARTIKEL LAINNYA... Pengusaha Angkot Ancam Kepung Kantor Jokowi

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler