Ratusan Pengamen Ikuti Festival Lagu Empat Pilar

Sabtu, 23 Juni 2012 – 10:26 WIB

JAKARTA — Sebanyak 465 musisi jalanan atau pengamen se-Jabodetabek mengikuti Festival dan Lomba Cipta Lagu Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara di gedung MPRI RI, Senayan Jakarta, selama dua hari, Sabtu (23/6) dan Minggu (24/6).

Festival lagu digelar dalam rangka meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan penghayatan tentang Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara (Pancasila, Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika) di kalangan pengamen.

Dalam lomba tersebut, seluruh peserta wajib menampilkan karya lagu ciptaannya sendiri dan lirik lagu yang diciptakan harus mengandung semangat nilai-nilai Pancasila seperti persatuan, nasionalisme serta patriotisme bangsa maupun Bhinneka Tunggal Ika.

“Lagu yang dinyanyikan juga harus memperhatikan nilai-nilai sopan-santun dan tidak merupakan kata-kata yang sarkastik (kasar) serta tidak berbau SARA atau menyindir golongan tertentu,“ kata Melani saat membuka festival, di Jakarta, Sabtu (23/6).

Melani menambahkan peserta Festival lagu Empat Pilar akan memperebutkan total hadian Rp80 juta untuk kategori perorangan (juara I, II, III dan Harapan I, II dan III) dan grup (juara I, II, III dan Harapan I, II dan III). Juara I kategori peroranagan akan meraih hadiah Rp7,5 juta dan Rp10 juta untuk posisi terhormat di kategori grup.

“Pemenang festival lagu empat pilar ini, juga akan kami ikut sertakan dalam on air di beberapa televisi dan radio,“ imbuhnya.

Melani menambahkan Festival lagu Empat Pilar yang terbilang sukses kalipertama ini, akan dilanjutkan di beberapa daerah agar lagu-lagu yang diciptakan oleh pengamen bisa menggelorakan semangat nasionalisme dan diserap oleh masyarakat dengan mudah untuk memahami Empat Pilar. "Saya berharap lagu empat pilar ini, bisa menyamai lagu Iwak Peyek yang sangat dihafal oleh berbagai lapisan masyarakat," harap politisi Partai Demokrat itu. (fas/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Hacker Sisa Jaringan Imam Samudera


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler