Ratusan Perusahaan di Jababeka Siap Dongkrak Ekspor via Madeinindonesia.com

Jumat, 06 Agustus 2021 – 19:54 WIB
Senior Manager Business Development di PT Jababeka Infrastruktur Iman Firmansyah menyatakan lebih dari 70 persen perusahaan berkomitmen untuk meningkatkan ekspor. Foto: Madeinindonesia.com

jpnn.com, JAKARTA - Senior Manager Business Development di PT Jababeka Infrastruktur Iman Firmansyah menyatakan lebih dari 70 persen perusahaan yang tergabung di Kawasan Industri Jababeka berkomitmen untuk meningkatkan ekspor melalui platform e-commerce, khususnya startup Madeinindonesia.com.

Hal itu disampaikan dalam acara webinar yang bertajuk “International B2B Procurement” yang diselenggarakan Madeinindonesia.com bekerjasama dengan PT Jababeka Infrastruktur, perusahaan pengembang Kawasan Industri Jababeka, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat,

BACA JUGA: Sip! Pak Jokowi Dukung Kementan, Pelatihan Petani Milenial Digenjot

“Secara statistik 70 persen tenant kami perusahaan dalam negeri dan berorientasi ekspor. Kami juga ada perusahaan multinasional dari 32 negara. Dengan kolaborasi ini, kami harap tenant kami melihat ini sebagai alternatif,” kata

Menurut Iman, saat ini jumlah tenant di Kawasan Industri Jababeka mencapai 2.000 tenant. “Kami terus mendorong agar pelaku usaha memanfaatkan fitur International B2B Procurement ini. Kami terus memberikan yang terbaik untuk customer dan client kami,” kata Iman.

BACA JUGA: Petuah Pak Jokowi untuk Petani Milenial Agar Sukses sampai Pasar Ekspor, Begini...

Acara webinar “International B2B Procurement” ini diselenggarakan sebagai bentuk sosialisasi atas kerja sama kedua belah pihak.

Kedua perusahaan sepakat untuk mengintegrasikan sistem digital mereka agar mempermudah perusahaan-perusahaan (tenant) di kawasan industri tersebut dalam mengakses informasi terkait ekspor serta permintaan barang dari pasar mancanegara.

BACA JUGA: Begini Upaya Bea Cukai Bersama Pemerintah Mendorong Ekspor dari Pulau Obi dan Buru

Iman mengungkapkan Kawasan Industri Jababeka sudah berkembang menjadi kota cerdas atau smart city. “Kami mengembangkan sistem untuk mendukung peningkatan fasilitas di kawasan dengan teknologi pintar,” kata Iman.

PT Jababeka Infrastruktur telah mengadopsi digitalisasi dengan mengembangkan aplikasi JSmart.

Aplikasi tersebut merupakan sebuah sistem digital yang dipakai untuk mempermudah komunikasi semua tenant di Kawasan Industri Jababeka sekaligus sebagai bentuk nilai tambah pelayanan dalam rangka memperkuat bisnis.

Melalui aplikasi ini, perusahaan atau tenant di Kawasan Industri Jababeka bisa menyampaikan laporan terkait gangguan yang ada di dalam kawasan dan juga memberikan usulan untuk perbaikan layanan.

Iman menjelaskan JSmart juga menambahkan fitur “International B2B Procurement” untuk membantu tenants memasarkan produk mereke ke mancanegara.

“Kerja sama ini bertujuan untuk mendorong digitalisasi dan mempermudah pengadaan barang/jasa yang dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan yang ada di Kawasan Industri Jababeka,” kata Mutia Safitri, GM Sales & Marketing di Madeinindonesia.com.

Iman menambahkan Madeinindonesia.com dan PT Jababeka Infrastruktur juga berkolaborasi untuk memasarkan produk-produk yang dihasilkan oleh industri-industri yang ada di Kawasan Industri Jababeka melalui platform Madeinindonesia.com.

Iklan tersebut dilakukan agar produk bisa dipasarkan secara online baik untuk pasar domestik maupun pasar global.

“Kami juga bekerja sama dalam melakukan kegiatan promosi dan event bersama untuk saling memperkenalkan platform Madeinindonesia.com dan aplikasi JSmart kepada masyarakat umum,” kata Mutia.

Madeinindonesia.com yang juga telah menjalin kemitraan strategis dengan beberapa perusahaan dari berbagai sektor, termasuk perbankan, logistik, pergudangan, inspeksi, dan sebagainya.

Dia berharap kerja sama ini bisa memberikan hasil nyata dan memberikan dampak bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Madeinindonesia.com dirancang dari awal untuk menjadi "Solusi Satu Pintu" Indonesia untuk perdagangan digital, memberdayakan perusahaan indonesia dalam ekspor digital B2B sembari menyederhanakan sumber dan pengadaan internasional dari dan di dalam Indonesia.

Madeinindonesia.com bertindak sebagai ekosistem digital satu atap untuk menyediakan layanan end-to-end di bawah satu atap.

Didukung lebih dari 48 mitra strategis untuk mencakup layanan seperti perbankan, asuransi ekspor, perusahaan logistik, dan layanan verifikasi serta sertifikasi.

Beberapa kementerian dan pemerintah daerah juga telah bekerja sama, khususnya terkait pemberdayaan UKM dan peningkatan ekspor dari Indonesia.

Jababeka juga menyediakan sumberdaya manusia dan fasilitas infrastruktur untuk mendukung pembangunan kota. (mcr10/jpnn)


Redaktur & Reporter : Elvi Robia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler