Ratusan warga di New South Wales dan Victoria telah melaporkan melihat seberkas meteor besar di langit.

Warga yang bermukim di utara dan selatan pesisir NSW hingga ke Gippsland di Victoria melihat kilatan cahaya bergerak melintasi langit selama beberapa detik pada Sabtu (4/8/2018) malam sekitar pukul 18:30 waktu setempat, dimana beberapa dari mereka melaporkan melihat kilatan cahaya berwarna merah, hijau dan biru.

BACA JUGA: Kesaksian Perempuan Yazidi Yang Dijadikan Budak Seks ISIS

Astronom amatir David Finlay mengatakan beberapa ratus orang di seluruh Australia melaporkan melihat meteor, dan orang-orang telah mengunggah penampakan tersebut ke media sosial.

"Ini sudah pasti meteor. Ini bukan sampah antariksa dan bukan juga pesawat jatuh dari langit, itu juga bukan UFO," katanya.

BACA JUGA: Perdana Menteri Australia Bela Keputusan Donasi Rp 4,44 Triliun

"Melihat kecepatan dan bagaimana benda ini berperilaku, itu adalah meteor besar - meteor yang sangat besar."

David Finlay mengatakan lebih dari 700 orang telah bergabung dengan halaman Facebook miliknya,  Laporan Meteor Australia, sejak penampakan terjadi.

BACA JUGA: Mayoritas Dokter Asing di Australia Dinilai Tak Layak Praktek

"Saya sangat yakin bahwa meteor ini cukup besar untuk bertahan sampai di tanah," katanya.

"Kami sudah mendapatkan ratusan laporan warga yang menyaksikan [penampakan] ini.

“Orang-orang sangat antusias, saya sampai kewalahan, laporan berdatangan dalam hitungan detik,”

Sharlone Graham memposting ke situs itu: "Tidak yakin apa yang saya dan suami saya dan saya baru saja lihat di dekat Newcastle NSW sekitar pukul 18.30 di New England Highway Hexham, meteor atau bola api.  Warnanya Oranye dengan ekor hijau / biru! Tidak pernah melihat sesuatu seperti itu sebelumnya di hidupku!!"

"Saya melihat hal yang sama di Darlinghurst," tulis Noulene Van Heerden.

"Benda itu bergerak dengan kecepatan sedang dan terbakar dibagian ekor di belakangnya.

"Aku menontonnya sampai menghilang. Hampir seperti terbakar sendiri. Sangat menakjubkan untuk dilihat!"Menentukan lokasi jatuh Video: Dashcam footage shows meteor burning up over Sydney (Indonesian)

David Finlay telah mengirim beberapa rekaman meteor tersebut yang diambil dari Sydney, dan menyerukan lebih banyak orang-orang yang berada di lapangan dan menyaksikan kejadian itu dari lokasi yang lebih melaporkan penglihatan mereka.

"Semakin banyak data yang bisa kita dapatkan dari peristiwa ini akan semakin akurat kita bisa menentukan lokasi jatuhnya meteor tersebut," katanya.

Dia saat ini berpikir meteor itu mungkin telah mendarat di sekitar Cooma dekat pegunungan bersalju di NSW.

"Benda ini lebih cepat dari apa yang dibuat sampah antariksa buatan manusia tetapi lebih lambat dari kebanyakan meteor, sehingga itu memberikan kesempatan yang sangat baik untuk tidak sepenuhnya habis terbakar sebelum sampai ke tanah," katanya.

"Benda ini berwarna cerah, jadi jika anda berada di dekat lintasan benda ketika itu jatuh.. maka benda itu akan benar-benar menerangi seluruh pedesaan seperti siang hari."

Finlay berharap orang-orang akan mulai melaporkan mendengar ledakan sonik, yang akan membantu menentukan di mana meteor mungkin mendarat.Meteor 'bergerak lebih lambat dari biasanya'

Astrofisika Brad E Tucker mengatakan menilai dari kecerahan meteor, itu kemungkinan besar meteor itu berbentuk fragmen yang besar, antara 30 dan 70 cm panjangnya.

"Itu memang terlihat bergerak lebih lambat daripada meteor biasa," katanya.

"Warna hijau kebiruan yang dilihat warga mengindikasikan zat besi dan sebagian besar meteor terdiri dari sebagian besar besi."

Brad E Tucker, yang bekerja di Observatorium Mt Stromlo di Universitas Nasional Australia, mengatakan tidak ada satupun kamera langit di observatorium itu yang merekam meteor tersebut, dan itu menunjukkan bahwa meteor itu tidak sampai ke barat Canberra.

menurutnya meteor itu bukan bagian dari hujan meteor Perseids yang aktif antara pertengahan Juli dan pertengahan Agustus, karena hujan itu sebagian besar terlihat di belahan bumi utara.

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pendeta Perempuan Korea Ditahan Setelah Menyandera Ratusan Pengikutnya di Fiji

Berita Terkait