Rawan DBD, Langsung Difogging

Minggu, 21 Oktober 2012 – 02:02 WIB
PURWAHARJA – Untuk mengantisipasi penyebaran penyakit demam berdarah dengue (DBD), tim Puskesmas Purwaharja melakukan pengasapan (fogging) di Lingkungan Wargamulya RT 15 RW 07 Blok Roda, Kecamatan Purwaharja, Sabtu (20/10).

Saat pengasapan itu, petugas memasuki satu per satu rumah di pemukiman padat penduduk tersebut. Bahkan rumah tak berpenghuni pun tak luput dari aksi petugas.

Gumilar, petugas tim fogging Puskesmas Purwaharja menjelaskan, berdasarkan catatannya, warga Lingkungan Wargamulya sudah ada yang terjangkit DBD dan kini sedang dirawat di RSUD Kota Banjar. Karenanya, petugas harus memastikan daerah tersebut terbebas dari penularan virus dengue melalui nyamuk Aedes Aegypti.

“Dua orang diturunkan untuk melakukan fogging sehingga diharapkan nyamuk dewasa bisa mati agar penyakit DBD tidak menular,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, fogging dilakukan berkala seminggu sekali. Hal ini untuk mengantisipasi kemungkinan bintik nyamuk dalam seminggu itu ada yang sudah menjadi dewasa.

Dikatakannya, kini sudah memasuki musim hujan nyamuk biasanya banyak berada di pohon pekarangan dan di jamban yang tidak dibersihkan. Adapun daerah Kecamatan Purwaharja yang rawan DBD meliputi Lingkungan Wargamulya, Cipadung, Siluman Desa, Karangpanimbal, Ketapang dan Parungsari. "Daerah endemis ini akan terus diperhatikan dengan cara pencegahan," terangnya.

Pencegahan ini, kata dia, dilakukan dengan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) melalui gerakan 3 M, yaitu  menguras bak mandi secara berkala, menutup penampungan air dan mengubur barang-barang bekas. Diatmbah dengan fogging agar nyamuk tidak berkembang biak. "Semua dilakukan dalam rangka pencegahan dari penyakit DBD," terangnya. (zi)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Pasokan Air 30 Ribu Pelanggan PDAM Terganggu

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler