Rayakan HUT ke-3, KaryaKarsa Bakal Fokus Kembangkan Platform untuk Para Kreator

Kamis, 20 Oktober 2022 – 22:10 WIB
Memasuki ulang tahun yang ketiga, KaryaKarsa akan fokus mengembangkan platform untuk mewadahi para kreator. Foto: dok KaryaKarsa

jpnn.com, JAKARTA - Salah satu platform digital, KaryaKarsa baru saja merayakan ulang tahun ketiga pada pertegahan bulan ini.

Startup yang fokus pada bisnis komik, visual, audio, dan karya digital akan fokus melakukan pengembangan platform dan fitur untuk memudahkan para kreator.

BACA JUGA: Hadirkan In App Wallet Kakoin, KaryaKarsa Permudah Fan Mendukung Storyteller

Pasalnya, selama tiga tahun menjalankan bisnisnya, KaryaKarsa memperoleh berbagai pencapaian yang signifikan.

Data terbaru menunjukkan, KaryaKarsa menaungi lebih dari 150 ribu kreator dan 1 juta user, dengan lebih dari 50 ribu cerita terbaca, baik via web, maupun aplikasi Android dan iOS.

BACA JUGA: Sandiaga Uno Optimistis Bisa Ciptakan Banyak Konten Kreator di Pekanbaru

KaryaKarsa sendiri baru berdiri pada 2019 lalu, tetapi sudah menaungi ratusan 100 kreator.

Pada 2021, KaryaKarsa fokus mengembangkan kreator.

BACA JUGA: Begini Akhir Kasus Pemalakan Konten Kreator Terkenal di Bandara SSK II Pekanbaru

Pertama dengan membebaskan biaya fee platform, sehingga para kreator bisa mendapat penghasilan penuh tanpa potongan.

Kemudian mengadakan kegiatan pengembangan kemampuan seperti webinar, sharing session dengan komunitas, hingga kelas menulis.

"Tahun ini, KaryaKarsa fokus menjalin kerja sama, baik dengan komunitas maupun dengan pihak lain yang tentu saja tujuannya untuk terus memberdayakan kreator, salah satunya melalui kompetisi," ujar co-founder KaryaKarsa Ario Tamat dalam keterangan tertulisnya, Kamis (20/10).

Dia menjelaskan awal 2022 KaryaKarsa membuat kompetisi bercerita dengan menggandeng komunitas 30 hari bercerita.

Selain itu, KaryaKarsa juga mewadahi acara gathering “Pesta Cerita” untuk mendorong agar semakin banyak yang mau menjadi storyteller.

KaryaKarsa juga menyelenggarakan kompetisi “Cerita dan Rasa” bersama Indomie yang disertai workshop terbuka untuk umum, serta meluncurkan fitur Kakoin yang mempermudah penggemar untuk memberikan dukungan kepada storyteller favoritnya.

Aryo menjelaskan ke depan pihaknya akan mengembangkan manfaat IP management untuk menjangkau lebih banyak kreator, melengkapi fitur, dan melihat potensi yang lebih luas ke daerah-daerah lain di Asia Tenggara.

“Momen ulang tahun KaryaKarsa yang ketiga merupakan wujud syukur perjalanan kami yang membuahkan harapan baru agar memperkuat posisi sebagai rumah bagi para storyteller,” pungkas Ario. (ddy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Para Milenial Industri Kreatif Mengikuti Pelatihan Konten Kreator Bersama Sandiaga Uno


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler