Rayakan HUT Ke-52 PDIP, Baguna Bakal Bagikan Makanan ke Berbagai Daerah

Selasa, 09 Januari 2024 – 20:13 WIB
DPP Bidang Pariwisata Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) bersama Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) membagi-bagikan makanan ke warga sekitar Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa (9/1). Foto: PDIP

jpnn.com, JAKARTA - DPP Bidang Pariwisata Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) bersama Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) membagi-bagikan makanan ke berbagai daerah. Kegiatan tersebut dimulai di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa (9/1).

Kegiatan ini dilakukan menjelang pelaksanaan HUT Ke-51 PDIP di Sekolah Partai, Rabu (10/1) besok.

BACA JUGA: Cara Hasto Mengawali Kegiatan di Puncak BBK, Menyambangi Dapur Umum Baguna

Ketua DPP Bidang Pariwisata PDIP Wiryanti Sukamdani mengatakan Baguna memiliki truk dapur umum yang bisa dibawa ke berbagai tempat. Truk dapur umum ini bisa memproduksi makanan untuk membantu korban bencana hingga kegiatan sosial.

"Untuk siapa? Namanya ini partai di sini kami berjuang terutama bersama dengan Badan Penanggulangan Bencana, pertama adalah kalau ada bencana. Jadi, kami harus tanggap darurat kalau ada bencana. Ini berlaku di seluruh Indonesia," kata Wiryanti.

BACA JUGA: Baguna PDI Perjuangan Tangsel Salurkan Bantuan ke Korban Gempa Cianjur

Apabila tidak ada bencana, lanjut Wiryanti, truk dapur umum akan diberdayakan untuk menjalankan program-program sosial PDIP. Seperti membuat takjil dan makanan sahur untuk umat Islam yang berpuasa.

"Nah, kebetulan besok adalah Ulang Tahun PDI Perjuangan yang ke-51. Di dalam HUT itu tentunya kami tidak mau ketinggalan, kami ikut merayakan yaitu antara lain dengan menggelar dapur umum di seluruh Indonesia," jelas Wiryanti.

BACA JUGA: Cara Baguna DPC PDIP Bantu Warga Terdampak Kenaikan Harga BBM

Menurut Wiryanti, mobil seperti ini sangat fleksibel, karena bisa mengakses lokasi bencana. Baguna, lanjut Wiryanti, juga menjamin makanan yang diberikan bergizi dengan menu yang murah.

"Jadi, kami atur sekali gizinya, di sini kami ada chef. Chef ini adalah dari Ikatan Chef Indonesia tentunya membantu karena ada di seluruh Indonesia juga yaitu membantu menu itu harus sehat, harus murah, tetapi bergizi. Jadi, nanti bapak, ibu sekalian bisa merasakan masakan tersebut," jelas Wiryanti.

Wiryanti menerangkan Baguna ini sudah berdiri sejak 2006. Dia menyampaikan Capres nomor urut tiga di Pilpres 2024 Ganjar Pranowo yang menggagas badan tersebut.

"Nomor satu menginisiasi Baguna ini yaitu tak lain adalah waktu itu anggota DPR RI Bapak Ganjar Pranowo. Jadi, Pak Ganjar menginisiasi Baguna sampai sekarang. Kayaknya satu-satunya (partai) yang punya badan penanggulangan bencana, dan kami selalu siap bencana, kami siap ke sana. Baru-baru ini kami ke Sumedang," lanjut Wiryanti.

Wiryanti menambahkan Baguna juga menjalin kerja sama dengan Basarnas, BMKG, dan BNPB. Menurut Wiryanti, Ketua Umum PDIP Prof. Dr. (H.C) Megawati Soekarnoputri menginginkan Partai agar menampilkan watak prorakyat.

"Memang sesuai dengan yang diamanatkan Ketua Umum kami bahwa kami harus peduli. Bencana itu tidak bisa direncanakan, bencana itu terjadi tiba-tiba. Karena tiba-tiba kami harus siaga, begitu ada bencana kami harus bersama rakyat. Karena kami selalu diinstruksikan untuk selalu menangis dan tertawa bersama rakyat," kata Wiryanti.

"Yang tidak kalah pentingnya program seperti ini juga untuk mengatasi stunting. Jadi, bagaimana caranya supaya kami memberikan edukasi mendidik memelihara anak untuk tumbuh berkembang dengan baik dan sehat dan tumbuh normal," jelas Wiryanti.

Di lokasi, truk dapur umum itu diparkir di pelataran Masjid At-Taufiq, tepat di depan Sekolah Partai. Wiryanti dan kru Baguna saat ini membagi-bagikan makanan kepada warga sekitar. Menu yang disajikan ialah nasi, opor ayam, orek tempe, sambal, dan kacang panjang. (tan/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... PDIP Mencetak Baguna Militan, Menyelamatkan Rakyat tanpa Membeda-bedakan 


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
PDIP   hut ke-51 PDIP   Baguna   Ganjar   Megawati  

Terpopuler