Rayakan HUT ke-65, Astra Ajak Masyarakat Semangat Bergerak dan Tumbuh Bersama

Rabu, 23 Februari 2022 – 09:05 WIB
Rangkaian kegiatan HUT ke-65 Astra yang berlangsung pada 22-26 Februari 2022 melalui platform digital 65tahunastra.jagat.live dan terbuka bagi masyarakat umum. Foto: Dokumentasi Astra

jpnn.com, JAKARTA - Astra tahun ini genap berusia ke-65 tahun.

Berawal dari sebuah kantor kecil di Jalan Sabang nomor 36A, Jakarta, dan mempekerjakan empat karyawan, kini Astra berhasil berkembang dengan tujuh lini bisnis yang didukung oleh lebih dari 188 ribu insan Astra yang
berkarya di 240 anak perusahaan.

BACA JUGA: Astra Agro Lestari Berkomitmen Wujudkan Zero Carbon Sebelum 2060

Bertahan dalam jangka panjang secara berkelanjutan tentu bukanlah hal yang mudah.

Berbagai peristiwa penting sudah dilalui oleh Astra, mulai dari krisis moneter pada 1998, krisis finansial di 2008, melemahnya perekonomian global pada 2013, hingga pandemi Covid-19 yang masih melanda sejak 2020.

BACA JUGA: 4 Penghargaan Jadi Bukti Astra Land Beri Pelayanan Berkualitas bagi Konsumen

Karena itu, dibutuhkan kerja keras untuk mencapai yang terbaik agar Astra dapat terus bergerak dan tumbuh untuk memajukan masyarakat dan bangsa selama 65 tahun perjalanannya.

Jadwal rangkaian kegiatan HUT ke-65 Astra pada 22-26 Februari yang dapat diakses melalui platform digital 65tahunatra.jagat.live. Foto: Dokumentasi Astra.

BACA JUGA: Transaksi Astra Finansial & Logistic selama GIIAS 2021 Fantastis, Mantap!

Presiden Direktur Astra Djony Bunarto Tjondoro menyampaikan HUT ke-65 Astra menggambarkan sebuah ajakan kepada seluruh insan Astra beserta keluarga dan bersama masyarakat luas yang tersebar di seluruh pelosok negeri untuk berbagi semangat positif dan optimisme.

"Bergerak dan tumbuh bersama menuju masa depan yang lebih baik,” ujar Djony Bunarto Tjondoro.

Merayakan HUT ke-65, Astra akan menyelenggarakan rangkaian kegiatan sepanjang 2022 dengan mengangkat tema “Semangat Bergerak dan Tumbuh Bersama”.

Mengawali rangkaian kegiatan tersebut, perayaan HUT ke-65 Astra berlangsung pada 22-26 Februari, melalui platform digital 65tahunastra.jagat.live.

Pada acara tersebut disuguhkan berbagai instalasi produk, inovasi, dan sustainability showcase dari Grup Astra, beserta acara virtual lainnya yang terbuka bagi masyarakat umum.

Membawa semangat berbagi dan pembelajaran, Astra mengadakan webinar bertajuk InnovNation bertema “Transforming Innovation for Sustainability” pada 22 Februari yang akan diisi oleh beberapa pembicara terkemuka.

Ada Mendikbudristek Nadiem Makarim, CoFounder & COO of Ruangguru Iman Usman, CEO & CoFounder of Kitabisa M Alfatih Timur, Co-Founder & Chief Growth Officer of Nafas Piotr Jakubowski, Penggiat Lingkungan dan
Aktivis Perlindungan Hewan Davina Veronica, serta Pendiri Kebun Kumara Soraya Cassandra.

Tidak hanya itu, pada 24-25 Februari, publik juga dapat belajar dan berpartisipasi secara aktif dalam menjawab tantangan di bidang lingkungan dan sosial melalui acara Experiential Learning.

Ada enam narasumber ahli hadir di acara tersebut, yaitu Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Wikan Sakarinto, Praktisi Kesehatan Holistik Reza Gunawan, dan CEO Waste4Change Mohamad Bijaksana Junerosano.

Hadir juga CEO ngeLESin.com Anthonius, Relawan Eco Enzym Nusantara Paul Iskandar, dan Astra Startup Community & CEO Desainggris.com Ade Suyitno.

Astra juga berkolaborasi bersama grup band RAN dalam menciptakan sebuah lagu tema (theme song) HUT ke-65 Astra yang berjudul “Selalu Bersama”.

Video musik theme song HUT ke-65 Astra diluncurkan di channel YouTube SATU Indonesia, YouTube RANforyourlife, Vidio.com, dan platform digital 65tahunastra.jagat.live pada Senin (21/2).

Kolaborasi Astra berlanjut dengan aktor dan aktris muda tanah air, yaitu Febby Rastanti, Teuku Rassya, Adinda Thomas, dan Rayi Putra.

Kolaborasi tersebut diwujudkan dalam pembuatan webseries berjudul “Selalu Bersama” yang berisikan pesan edukatif dalam menerapkan gaya hidup yang berkelanjutan demi masa depan bumi yang lebih baik.

Webseries ini diluncurkan pada Minggu (27/2) di channel YouTube SATU Indonesia.

Astra juga mengajak masyarakat untuk berpartispasi dalam gerakan #SemangatSalingBantu melalui peran baik yang berdampak positif.

Melalui menghemat air dan energi di setiap aktivitas, memilah sampah, mengurangi pemakaian plastik sekali pakai, menanam dan merawat tanaman, serta menerapkan pola hidup sehat.

Setiap satu unggahan pesan melalui tulisan, foto, ataupun video ke media sosial dengan hashtag #SemangatSalingBantu akan dikonversikan oleh Astra menjadi satu paket bantuan yang akan dibagikan untuk masyarakat terdampak pandemi Covid-19.

Rangkaian perayaan HUT Ke-65 Astra di ranah internal Grup Astra juga dimeriahkan dengan penyelenggaraan Astra Awards 2022, Employee Awards, dan InnovAstra ke-38.

Berbagai engagement activity pun dilakukan dengan melibatkan seluruh insan Astra melalui beragam kompetisi dan virtual challenge yang meliputi naik sepeda, lari, dan jalan kaki untuk mengumpulkan 65 ribu kilometer.

Kegiatan tersebut nantinya akan dikonversi menjadi bantuan penanaman 65 ribu pohon, pembangunan 65 panel surya, penyerahan 650 paket pendidikan, dan 6.500 kantong darah.

Rangkaian HUT ke-65 Astra akan terus berlangsung dari Mei hingga November 2022 dengan mengusung tema hari besar dan nuansa khas wilayah-wilayah nusantara.

Seperti Hari Pendidikan Nasional yang bernuansa Jawa, Hari Lingkungan bernuansa Sumatra, Hari UMKM dan HUT ke-77 Kemerdekaan RI bernuansa Sulawesi, Hari Keselamatan Berlalu Lintas dengan nuansa Kalimantan, dan ditutup oleh Hari Kesehatan bernuansa Bali, Nusa Tenggara dan Indonesia bagian timur.

Melalui seluruh rangkaian kegiatan HUT ke-65, Astra mengajak seluruh insan Astra bersama-sama masyarakat untuk semangat bergerak dan tumbuh bersama mencapai cita-cita sejahtera bersama bangsa dan mendukung Sustainable Development Goals Indonesia. (mrk/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Catatkan Kinerja Positif, Astra Property Gelar Living First 2021


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler