Reaksi PKS Soal Sindiran Presiden Jokowi ke Surya Paloh

Kamis, 07 November 2019 – 22:49 WIB
Mardani Ali Sera. Foto: Dok. PKS

Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera tidak ambil pusing dengan sindiran Presiden Joko Widodo atau Jokowi kepada Ketua Umum NasDem Surya Paloh.

Mardani menilai pernyataan Presiden Jokowi yang menyinggung pertemuan Surya Paloh dengan Presiden Partai Keadilan Sejahtera Sohibul Iman cuma guyon belaka.

BACA JUGA: Sebenarnya Pak Jokowi Itu Sedang Menegur Keras Surya Paloh

"Pak Jokowi gurau saja. Namun, namanya presiden, guraunya pun ditafsir banyak pihak," kata Mardani dalam pesan singkatnya kepada awak media, Kamis (7/11).

Mardani berharap, pertemuan antara Surya Paloh dan Presiden PKS Sohibul Iman tidak perlu dijadikan perdebatan.

BACA JUGA: Pengamat Sebut Pernyataan Jokowi ke Surya Paloh Itu Sindiran, Bukan Guyonan

Pertemuan dua tokoh itu, kata dia, sebaiknya menjadi contoh untuk mencairkan suasana politik nasional. Terlebih, pertemuan tersebut diselipkan adegan pelukan antara Surya Paloh dan Sohibul.

"Mesti dibiasakan hubungan antara elite, selalu rukun. Pelukan (rangkulan) itu menyejukkan," tutur dia singkat.

BACA JUGA: Berita Duka, Haris Meninggal Dunia dengan Tragis, Kepalanya Pecah

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) melontarkan candaan terkait pertemuan Surya Paloh dengan Presiden PKS M Sohibul Iman, Rabu, 30 September lalu.

Candaan tersebut disampaikan ketika Jokowi berpidato di acara HUT ke-55 Partai Golkar, di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (6/11) malam.

"Yang saya hormati para ketua umum, Bapak Surya Paloh yang kalau kita lihat malam hari ini, beliau lebih cerah dari biasanya. Sehabis pertemuan beliau dengan Pak Sohibul Iman di PKS," ucap Jokowi. Para tamu undangan pun tertawa lepas.

Pertemuan Surya Paloh dengan Sohibul pekan lalu memang menarik perhatian banyak kalangan. Terlebih ada yang mengaitkan pertemuan keduanya dengan pernyataan Surya sebelumnya, yang siap beroposisi dengan pemerintah.

"Wajahnya cerah, setelah beliau berdua berangkulan dengan Pak Sohibul Iman. Saya tidak tahu maknanya apa. Tetapi rangkulannya tidak seperti biasanya," sambung Jokowi.

Mantan gubernur DKI Jakarta itu bahkan menyampaikan, selama ini dirinya tidak pernah dirangkul Surya, seperti yang dilakukan eks tokoh Golkar itu dengan Sohibul.

BACA JUGA: Satu Wanita dan Dua Pria Digerebek saat Gelar Pesta Terlarang

"Tidak pernah saya dirangkul oleh Bang Surya seerat dengan Pak Sohibul Iman. Tadi saya tanyakan, ada apa? Tetapi nanti jawabannya mungkin di lain waktu dijawab. Saya boleh bertanya dong, karena beliau masih di koalisi pemerintah," tutur Jokowi. (mg10/jpnn)


Redaktur & Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler