Reaksi UAS Soal Salat Jumat Ditiadakan karena Corona

Sabtu, 21 Maret 2020 – 07:50 WIB
Ustaz Abdul Somad. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ustaz Abdul Somad (UAS) membahas tentang fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengenai salat di rumah saat pandemi Corona. 

Dalam video yang diunggah di akun Instagram @ustadzabdulsomad_official, ia memberikan pandangannya terkait hal tersebut.

BACA JUGA: Masjid Ditutup karena Corona, UAS: Saya Percaya MUI

Ia mengungkapkan adanya kerisauan masyarakat melihat masjid ditutup namun mal tetap dibuka. Di saat yang sama, bandara hingga bioskop tetap beroperasi.

Namun, UAS mengatakan bahwa kebijakan itu juga jangan dijadikan kesempatan untuk tidak salat berjamaah di masjid tetapi malah keluyuran di mal.

BACA JUGA: UAS Minta Maaf Tak Bisa Bela Anies di Medsos

"Itu tidak serta merta lalu kita berkata 'kalau gitu masjid jangan ditutup'. Yang tepat itu tidak begitu. Tidak berkerumun di masjid juga tidak berkerumun di mal," kata Ustaz UAS, Jumat (20/3). 

UAS mengatakan jangan sampai seseorang tidak salat berjemaah di masjid dengan alasan takut tetular virus Corona namun malah jalan-jalan di mal. 

BACA JUGA: Usai Dicerai UAS, Mantan Istri Mendadak Menyoal Nikah Siri

Ia percaya kebijakan MUI yang mengacu pada kebijakan Mesir ini adalah demi kebaikan bersama dalam menyikapi pandemi corona.

"Saya sebagai orang awam yang tidak berilmu ikut ulama-ulama dan guru guru kami di Al Azhar yang sudah mengeluarkan keputusan pada tanggal 15 Maret 2020 tentang gugurnya salat Jumat dan salat fardu," tutur UAS.

Ia juga membandingkan jumlah pasien Covid-19 di Mesir yang jauh lebih rendah jumlah pasien positif di Indonesia.

“Oleh sebab itu Mesir saja langkahnya begitu, apalagi kita. Wallahualam," tutup Ustaz Abdul Somad. (mg7/jpnn)


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler