Real Count Suara 28 Penyanyi Caleg DPR, dari Ahmad Dhani sampai Uya Kuya, Ada yang Luar Biasa

Senin, 26 Februari 2024 – 14:35 WIB
Warga menggunakan hak pilih pada Pemilu 2024. Foto/ilustrasi: JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Sejumlah penyanyi menjajal peruntungan mereka dengan menjadi calon legislator atau caleg untuk kursi DPR RI pada Pemilu 2024.

Para penyanyi yang menghiasi surat suara Pemilu 2024 ada yang vokalis band rock, biduan dangdut, anggota grup vokal, maupun solois.

BACA JUGA: Ternyata 84 Persen Pemilih Tak Tertarik Caleg Artis

Sederet penyanyi yang menjadi caleg untuk DPR RI, antara lain,  Ahmad Dhani, Anang Hermansyah, Andre Hehanusa, Andika Kangen Band, Aldi Taher, Annisa Bahar, Charly Vanhouten, Desy Ratnasari, Emilia Contessa, Giring Ganesha, Gita KDI, Harvey Malaiholo, Indah Kurnia, Iyeth Bustami, Jamal Mirdad, Kris Dayanti, Marcel Siahaan, Mely Goeslaw, Mulan Jameela, Nafa Urbach, Noorman Kamaru, Once Mekel, Pulung Agustanto, Ronnie Sianturi, Sigit Purnomo, Siti Rahmawati, Sultan Djorgi, hingga Uya Kuya.

Di antara nama-nama kondang itu ada yang berpeluang menembus jabatan wakil rakyat di Senayan karena memperoleh suara signifikan.

BACA JUGA: Real Count KPU: Perolehan Suara Ahmad Dhani, Mulan Jameela, Once Mekel, Oh Senayan

Namun, ada pula yang perolehan suaranya tergolong gurem, bahkan di kisaran ratusan.

Laman pemilu2024.kpu.go.id pada Senin (25/2/2024) pukul 14.00 WIB memperlihatkan progres rekapitulasi telah menghimpun data dari 531.490 tempat pemungutan suara (TPS). Angka itu setara 64,56 persen dari 823.236 TPS.

BACA JUGA: Bandingkan Suara PSI dengan Komeng Versi Real Count KPU Pagi Ini, Jangan Kaget

Berikut ini adalah perolehan suara sementara para caleg berlatar belakang penyanyi sesuai urutan abjad;

1. Ahmad Dhani
Pentolan Dewa 19 ini merupakan caleg dari Partai Gerindra untuk Daerah Pemilihan (Dapil) I Jawa Timur (Jatim). Namanya di surat suara tertulis Dhani Ahmad Prasetyo.

Sejauh ini Dhani mengantongi 54.033 suara. Suami Mulan Jameela itu berada di posisi runner up dalam perolehan suara caleg Gerindra di Dapil I Jatim.

2. Anisa Bahar
Biduan dangdut ini menjadi caleg Partai Nasional Demokrat (NasDem) untuk kursi DPR RI dari Dapil IX Jawa Tengah (Jateng). Suaranya baru 3.258.

3. Anang Hermansyah
Perolehan caleg Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Dapil V Jabar ini mendekati 20 ribu. Dengan capaian sementara 19.444 suara, Anang berada di posisi kedua setelah Adian Napitupulu yang juga caleg petahana PDIP di Dapil V Jabar.

4. Andre Hehanusa
Politikus PDIP ini merupakan caleg DPR RI yang satu dapil dengan Ahmad Dhani. Sejauh ini Andre baru mengantongi 7.345 suara atau di posisi kelima dalam daftar perolehan suara caleg PDIP di Dapil I Jatim.

5. Andika Mahesa
Pesohor satu ini lebih dikenal dengan julukan Andika Kangen Band. Posisinya saat ini sebagai caleg DPR RI dari Partai Demokrat untuk Dapil I Lampung.

Tertulis dengan nama Mahesa Andika Setiawan di surat suara, Andika belum memperoleh dukungan impresif dari pemilih. Suaranya masih di angka 6.202.

6. Aldi Taher
Penyanyi, presenter, dan pelawak ini merupakan caleg Partai Perindo untuk Dapil VII Jabar. Sejauh ini perolehan suaranya baru 3.884.

7. Baiq Gita Febili Yasni
Penyanyi yang lebih dikenal dengan nama Gita KDI ini merupakan caleg Partai Perindo untuk kursi DPR RI dari Dapil I Jateng. Sebagai caleg yang ditempatkan di nomor sepatu, Gita baru meraih 400 suara.

8. Charly Vanhouten
Penyanyi cum komposer ini adalah caleg Partai Amanat Nasional (PAN) di Dapil VIII Jabar yang mencakup Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, dan Kabupaten Indramayu.

Sejauh ini Charly memperoleh 20.524 suara atau di bawah komedian Qomar dengan 23.213 suara.

9. Desy Ratnasari
Pelantun Tenda Biru ini merupakan caleg PAN di Dapil IV Jabar. Sebagai caleg petahana, Desy telah mengantongi 32.453 suara atau terbanyak dibandingkan kandidat legislator lain dari PAN di dapil yang mencakup Kabupaten Sukabumi dan Kota Sukabumi itu.

10. Emilia Contessa
Penyanyi senior ini maju sebagai caleg Partai Perindo di Dapil Jatim III yang mencakup Kabupaten Situbondo, Bondowoso dan Banyuwangi. 

Perolehan suara pesohor kelahiran Banyuwangi, 27 September 1957 itu masih di angka 2.227.

11. Giring Ganesha
Politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) ini menjadi caleg di Dapil I Jabar. Tertulis di surat suara dengan nama Giring Ganesha Djumaryo, mantan ketua umum PSI ini baru meraih 15.402 suara.

12. Harvey Malaiholo
Penyanyi berdarah Ambon ini menjadi caleg PDIP untuk kursi DPR dari Dapil Papua Barat Daya. Perolehan suaranya dari dapil yang juga provinsi baru itu masih di angka 1.282.

13. Indah Kurnia
Penyany jaz yang menjadi caleg PDIP di Dapil I Jatim ini sudah meraih 28.684 suara. Indah sudah berkali-kali menjadi legislator PDIP di DPR dari Dapil Kota Surabaya dan Kabupaten Sidoarjo.

Berlatar belakang bankir, Indah duduk di Komisi XI DPR yang membidangi keuangan dan perbankan.

Penyanyi yang pernah mendapat gemblengan langsung dari maestro jaz Bubi Chen itu juga diprediksi kembali ke Senayan karena PDIP memiliki basis pemilih kuat di Surabaya.

14. Iyeth Bustami
Biduanita dangdut yang berkiprah sebagai politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini maju sebagai caleg DPR dari Dapil I Riau.

Saat ini Iyeth meraih 26.434 suara atau tertinggi dibandingkan caleg lain dari PKB di dapil yang meliputi Kabupaten Bengkalis, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Siak, Kepulauan Meranti, Kota Pekanbaru, dan Kota Dumai itu.

15. Kris Dayanti
Biduan satu ini merupakan caleg PDIP untuk kursi DPR RI dari Dapil V Jatim yang meliputi Kota Batu, Kabupaten Malang, dan Kota Malang.

Sebagai caleg petahana, KD -inisial kondangnya- telah meraih 41.269 suara.

16. Jamal Mirdad
Penyanyi lawas ini merupakan caleg Partai Gerindra untuk kursi DPR dari Dapil I Jateng.

Mantan suami Lydia Kandou itu telah meraih 10.954 dari dapil yang mencakup Kabupaten Semarang, Kota Semarang, Kabupaten Kendal, dan Kota Salatiga, itu.

17. Marcell Siahaan
Penyanyi berdarah Batak ini menjadi caleg PDIP untuk kursi DPR RI dari Dapil I Jabar. Suaranya baru di angka 4.363, atau berada di peringkat kedua setelah Nico Siahaan yang menjadi caleg petahana dari PDIP di dapil yang mencakup Kota Bandung dan Kota Cimahi itu.

18. Melly Goeslaw
Penyanyi yang namanya melejit bersama band Potret ini adalah caleg Partai Gerindra untuk Dapil I Jabar.

Saat ini perolehan suaranya mencapai 27.457 atau yang tertinggi dibandingkan caleg lain dari Gerindra di dapil yang dipenuhi nama-nama kondang itu.

19. Mulan Jameela
Istri Ahmad Dhani ini merupakan caleg petahana dari Gerindra untuk Dapil XI Jabar. Sejauh ini Mulan mengantongi 45.669 suara.

20. Nafa Urbach
Penyanyi cum pesinetron kelahiran Magelang, 15 Juni 1980, ini merupakan caleg Partai Nasional Demokrat (NasDem) untuk Dapil VI Jawa Tengah (Jateng).

Perolehan suaranya sudah mencapai 48.642 atau yang tertinggi dibandingkan caleg lain dari Partai NasDem di dapil yang meliputi Kabupaten Magelang, Kabupaten Temanggung, Kabupaten Purworejo, Kabuoaten Wonosobo, dan Kota Magelang tersebut.

21. Norman Kamaru
Mantan polisi ini pernah viral karena aksi sinkronisasi bibir atau lip-sync lagu India Chaiya-Chaiya. Kini, pelantung lagu Kisahku itu menjajal peruntungannya dengan menjadi caleg Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Dapil Gorontalo.

Namun, Norman -di surat suara tertulis Noorman Camaru- baru meraih 1.381 suara.

22. Once Mekel
Penyanyi berdarah Minahasa ini merupakan caleg DPR dari PDIP untuk Dapil DKI II Jakarta. Mantan vokalis Dewa 19 itu telah meraih 27.717 suara.

Sebagai pendatang baru, Once telah melampaui perolehan suara caleg petahana dari PDIP, seperti Eriko Sotarduga dan Masinton Pasaribu.

23. Pulung Agustanto
Sosok satu ini lebih dikenal sebagai penyanyi pop jawa. Pemrakarsa Java Pop Fest 2023 tersebut merupakan caleg PDIP untuk kursi DPR RI dari Dapil VI Jatim.

Sejauh ini perolehan suara Pulung luar biasa, yakni mencapai 135.737 suara atau yang tertinggi dibandingkan caleg lain dari PDIP di dapil yang meliputi Kabupaten Blitar, Kota Blitar, Kabupaten Kediri, Kota Kediri, dan Kabupaten Tulungagung itu.

Dengan raihan sebanyak itu, Pulung masuk ke jajaran caleg dengan suara paling banyak, seperti Puan Maharani, Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas, hingga Hillary Lasut.

Bagi Pulung, menjadi caleg bukanlah baru pada Pemilu 2024. Pada Pemilu 2014, mantan penyiar radio itu menjajal peruntungannya dengan menjadi caleg PDIP di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Pada Pemilu 2019, Pulung kembali mencoba menjadi caleg PDIP di Dapil III DKI Jakarta. Namun, baik pada Pemilu 2014 maupun Pemilu 2019, pria yang berulang tahun setiap 17 Agustus itu belum ketiban pulung.

24. Ronnie Sianturi
Salah satu personel Trio Libels ini menjadi caleg PDIP untuk kursi DPR RI dari Dapil Gorontalo. Pria berdarah Batak ini telah meraih 19.365 suara.

25. Sigit Purnomo
Penyanyi yang satu ini lebih dikenal dengan nama Pasha Ungu. Mantan wakil wali Kota Palu ini menjadi caleg PAN untuk kursi DPR RI dari Dapil III Jakarta.

Sejauh ini Pasha telah mengantongi 11.148 suara. Raihan itu menjadi yang tertinggi dibandingkan caleg lain dari PAN di dapil yang mencakup Kota Jakarta Barat, Kota Jakarta Utara, dan Kabupaten Kepulauan Seribu itu.

26. Siti Rahmawati
Pesohor yang lebih dikenal dengan nama Siti KDI ini merupakan caleg PAN untuk Dapil IX Jateng. Lulusan ajang Kontes Dangdut Indonesia itu baru meraih 3.782 suara.

27. Sultan Djorgi
Penyanyi yang juga aktor dan model ini menjadi caleg Partai Golkar untuk Dapil I Sumatera Utara (Sumut). Tertulis Sultan Pasha Djorghi di surat suara, suami Annisa Trihapsari itu baru memperoleh 679.

28. Uya Kuya
Sosok satu ini kini lebih dikenal sebagai YouTuber. Pemilik nama asli Surya Utama ini merupakan caleg PAN untuk kursi DPR dari Dapil II DKI Jakarta.

Namanya di surat suara juga ditulis Uya Kuya. Sejauh ini mantan personel Tofu itu sudah meraih 46.691 suara.(jpnn.com)

Yuk, Simak Juga Video ini!

BACA ARTIKEL LAINNYA... Real Count KPU DPR RI Jatim VI: Perolehan Suara 2 Cucu Bung Karno & Arteria Dahlan, Ada Pulung


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler