Rehabilitasi Bangunan Sekolah di Lombok Harus Prioritas

Jumat, 07 September 2018 – 13:14 WIB
Wakil Ketua MPR Muhaimin Iskandar pada Jumat 7 September 2018 berkunjung ke sekolah darurat yang dibangun pascaGempa Lombok. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, LOMBOK - Ratusan anak-anak tampak berkumpul di bangunan berdinding bambu, beratap ijuk kelapa serta beralas tikar plastik. Bangunan yang berada di tanah lapang Desa Sigar Penjalin, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat, itu adalah bangunan sekolah darurat pascaGempa di wilayah itu beberapa waktu lalu.

Mereka terpaksa berada di bangunan darurat karena tempat yang biasa mereka gunakan untuk belajar, roboh akibat gempa. Sambil menunggu gedung sekolah dibangun kembali, masyarakat dan relawan mendirikan bangunan darurat agar ratusan anak tetap bisa belajar.

BACA JUGA: Rupiah Jatuh, Ketua MPR Ajak Warga Jual Dolar Demi Bangsa

Kondisi tersebut mendapat perhatian dari pimpinan MPR RI. Wakil Ketua MPR Muhaimin Iskandar pada Jumat, 7 September 2018, berkunjung ke sekolah darurat itu. Kedatangan pria yang akrab dipanggil Cak Imin itu disambut dengan gembira oleh anak-anak dan masyarakat sekitar.

BACA JUGA: Ketua MPR: Perlu Keterlibatan Masyarakat di Bidang Politik

“Saya bersyukur bisa bertemu adik-adik semua,” ujar Cak Imin. “Kalian harus tetap semangat,” tambahnya.

Dirinya senang melihat anak-anak SDN 3 Sigar Penjalin itu tetap semangat meski tempat belajarnya serba terbatas. Ia berharap semua tetap semangat di tengah musibah gempa yang baru dialami.

BACA JUGA: Jelang Pemilu 2019, Ketua MPR Ajak Masyarakat Tetap Rukun

“Ini ujian agar kita sabar,"tuturnya.

Kejadian yang dialami dikatakan sebagai ujian ketaqwaan. Dengan kondisi seperti itu,  anak-anak akan mengalami rasa tak nyaman bila turun hujan.

Menyikapi hal demikian, Cak Imin meminta agar pemerintah mengambil langkah cepat dalam memulihkan Lombok pascagempa.

Menurutnya, infrastruktur agar segera dibangun. “Prioritaskan bangunan sekolah,” ujarnya.

Cak Imin mengharap sekolah-sekolah yang mengalami kerusakan cepat dibangun sehingga anak-anak bisa segera recovery dalam dunia pendidikan.

Sekolah darurat yang ada, menurut Cak Imin harus dipikirkan apalagi saat musim hujan.

“Hujan akan segera tiba untuk itu bangunan sekolah darurat harus mendapat pengganti yang memadai,” paparnya.

Sambil menunggu rehabilitasi bangunan sekolah, menurut Cak Imin, harus ada tenda-tenda aman dari hujan. “Rehabilitasi sekolah saya harap betul-betul menjadi prioritas,” ucap mantan Ketua Umum PB PMII itu.

Dalam kesempatan tersebut, Cak Imin mengucapkan terima kasih kepada semua relawan yang terlibat pemulihan pasca gempa Lombok. Mereka datang dari berbagai tempat.

"Mudah-mudahan semua perjuangan dan solidaritas jadi amalan yang diterima Allah,” ucapnya.

Cak Imin mengatakan kedatangan dirinya selain untuk bersilaturahmi juga memberi bantuan kepada para korban gempa. Kepada anak-anak, bantuan yang diberikan berupa kebutuhan sekolah. Kepada masyarakat pun juga diberikan bantuan.

Dirinya berharap di masa darurat, para relawan dan masyarakat terus berkomunikasi dengan dirinya agar bantuan terus diperhatikan.

Kepala SDN 3 Sigar Penjalin, Lalu Jumli, mengucapkan terima kasih atas kehadiran Muhaimin Iskandar. "Mudah-mudahan kedatangan beliau bisa membawa masyarakat di sini ke depannya menjadi lebih baik,” harapnya.(adv/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tanamkan Rasa Optimis Pada Kader Golkar, Agun Bikin Puisi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler