Rekening Sopir Pribadi Lutfhi Tampung Pemberian Duit Fathanah

Senin, 23 September 2013 – 12:06 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Ali Imran, sopir pribadi mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera, Luthfi Hasan Ishaaq, kerap menerima transferan dana dari terdakwa kasus dugaan suap kuota impor daging sapi di Kementerian Pertanian dan Tindak Pidana Pencucian Uang, Ahmad Fathanah. Menurutnya, uang pemberian Fathanah itu untuk Luthfi.

"Pernah pada 2012 mungkin. Dua kali di awal atau di tengah. Jumlahnya 20 juta dan 50 juta," katanya saat bersaksi dalam persidangan Fathanah di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Senin (23/9).

BACA JUGA: Merasa Pantas, Ruhut Ogah Dekati Yani Cs

Meski begitu, Ali tidak mengetahui uang Rp 20 juta itu dipergunakan untuk apa. Hanya saja, sebelum mengirimkan uang itu, Fathanah sempat menghubunginya.

"Yang 20 juta dia telepon saya. Ini uang Pak Luthfi. Kalau enggak salah, Pak Luthfi mau tukar uang USD 2000, tapi enggak ketemu. 2000 dollar kalau dirupiahkan 20 juta," kata Ali.

BACA JUGA: DPR Nilai Vanny Layak Direhabilitasi

Sedangkan uang Rp 50 juta lanjut Ali, Luthfi bilang ada uangnya dari Fathanah yang akan masuk ke rekening Ali. Saat uang itu sudah masuk, Ali mengabarkan kepada orang dekat Fathanah itu.

Kemudian, Luthfi menyatakan uang Rp 50 juta itu agar digunakan untuk membayar pegawai seperti sopir, ajudan dan sekuriti. Jumlah pegawainya sambung Ali, ada 11 orang.

BACA JUGA: Mobil Pemberian Fathanah Dipakai untuk Safari Dakwah PKS

"Ustad bilang pakai aja untuk teman-teman sopir, ajudan, dan sekuriti untuk keluarga dan dana tunjangan menyambut Ramadhan. Sopir dan ajudan ada lima orang. Sedangkan Sekuriti ada enam orang," kata Ali.

Menurutnya, pemberian dana kepada pegawai dari Luthfi bukanlah sebuah hal baru. "Setiap tahun dikasih. Tahun lalu juga begitu," kata Ali. (gil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Nazaruddin Tuding Mendagri Bohong


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler