Rekomendasi Wisata Keluarga dan Ramah Anak di Jakarta

Kamis, 28 November 2019 – 20:01 WIB
Taman Margasatwa Ragunan di Jakarta Selatan, Minggu (1/1). Foto: Rieska Virdhani/JawaPos.Com

jpnn.com, JAKARTA - Kota Jakarta tetap memiliki sisi lain yang sering kali luput dari perhatian di tengan kesibukan warganya. Apa lagi jika bukan tempat wisata? Jangan salah, ibu kota Negara Republik Indonesia ini juga masih memiliki beragam destinasi wisata menarik yang sayang untuk dilewatkan.

Bahkan, beberapa di antaranya ramah anak dan sarat dengan edukasi. Mana saja?

BACA JUGA: Mengenang Alfin Lestaluhu, Pemain yang Bikin SKO Ragunan Bangga

1 Kebun Binatang Ragunan

Pertama, tentu saja, ada Kebun Binatang Ragunan yang berlokasi di kawasan Jakarta Selatan. Destinasi wisata ini sangat diminati, terlebih ketika akhir pekan dan waktu liburan tiba.

BACA JUGA: Pemkab Sukabumi Gencar Kembangkan Potensi Objek Wisata Alam Baru

Masyarakat berikut wisatawan tumpah ruah memadati tempat ini, ingin menghabiskan waktu dengan bercengkerama bersama keluarga dan bermain bersama sang buah hati sembar mengenalkannya pada aneka satwa yang mungkin masih baru untuknya.

2 Taman Mini Indonesia Indah

Ingin mengedukasi sang buah hati akan betapa luasnya Indonesia sebagai negara yang didiaminya? Ajak saja mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah yang berada di kawasan Jakarta Timur ini.

Di tempat ini, Anda bisa mengajaknya berkeliling untuk melihat-lihat rumah adat dan kesenian yang dimiliki setiap daerah di Indonesia, dari ujung Sabang hingga ke
wilayah paling timur Indonesia, Merauke.

3. Planetarium

Sekarang, saatnya mengajak anak mengenal lebih dekat tentang alam tata surya. Planetarium menjadi tempat satu-satunya di Jakarta yang bisa Anda tuju.

Berlokasi di Jakarta Pusat, bersanding dengan galeri Taman Ismail Marzuki, destinasi ini menyuguhkan sederet pengetahuan alam tata surya yang begitu nyata. Mengenal planet, gugusan dan rasi bintang, hingga asteroid bisa Anda dan buah hati dapatkan di sini.

4 Museum Nasional

Setelah puas bermain di luar angkasa, waktu Si Kecil melihat benda-benda peninggalan sejarah di Museum Nasional. Museum yang berada tak jauh dari Monumen Nasional ini memiliki sebutan Museum Gajah, karena adanya gajah kecil yang menyapa di pintu masuk museum.

Ada banyak sekali ruangan yang bisa Anda kunjungi di sini, masing-masing dengan tema tertentu yang menunjukkan suatu kisah. Di lantai paling atas, Anda akan menemukan ruangan dengan koleksi emas asli.

5. Museum Bank Indonesia

Masih seputar museum, tempat lainnya yang tidak kalah seru dan penting untuk dituju adalah Museum Bank Indonesia yang berada di kawasan Jakarta Utara.

Sebagai pusat kendali keuangan, museum ini menyimpan mata uang dari berbagai negara.

Sejarah terbentuknya dan perkembangan mata uang di Indonesia pun lengkap dipajang di sini. Bahkan, Anda juga bisa menyaksikan bagaimana pembuatan uang di teater.

Jangan sampai terlewat, mengunjungi brankas dengan replikasi emas dan satu emas batangan asli yang bisa Anda sentuh langsung.

6 Sea World

Sepertinya, wisata Anda bersama Si Kecil di Jakarta tidak pernah lengkap jika tidak mengunjungi Sea World. Dunia laut ini memang seru, mengenalkan pada sang buah hati dan berinteraksi langsung dengan ikan-ikan di lautan. Bahkan, beberapa jenis ikan mungkin baru
ditemuinya.

Sea World mengusung konsep terowongan bawah air, sehingga pengalaman wisata yang Anda dapatkan pun pasti seru dan tidak tergantikan.

Masih banyak lagi wisata di Jakarta yang ramah anak dan keluarga yang bisa Anda tuju bersama sang buah hati di kala liburan tiba. Namun, tentu Anda tidak bisa mengunjungi semua dalam satu hari.

Anda perlu memesan hotel di Jakarta segera untuk tempat beristirahat. Tidak perlu takut kehabisan, karena pesan hotel di Jakarta sekarang lebih mudah melalui aplikasi Airy.

Pilih sendiri waktu dan tempatnya, sesuaikan dengan bujet dan fasilitas yang Anda inginkan.


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler