Relawan Minta Jokowi Angkat Tokoh Papua Barat Jadi Menteri

Jumat, 07 Juni 2019 – 21:20 WIB
Koordinator Umum Aliansi Relawan Jokowi di Provinsi Papua Barat, Vinsen Kocu. Foto: Ist

jpnn.com, JAKARTA - Koordinator Umum Aliansi Relawan Jokowi di Provinsi Papua Barat, Vinsen Kocu meminta Presiden Jokowi untuk mempertimbangkan representasi tokoh dari wilayah Papua Barat masuk dalam jajaran kabinet pada periode kedua pemerintahannya. Menurut Vinsen, tokoh dari Papua Barat sudah seharusnya diangkat untuk menduduki jabatan menteri.

“Kami sudah mengeluarkan pernyataan dan komitmen untuk memenangkan Jokowi pada Pipres 17 April lalu, dan apabila Jokowi menang di Papua Barat maka kami minta Jokowi  mengangkat tokoh dari Papua Barat masuk dalam jajaran kabinet,” kata Vinsen Kocu pada Jumat (7/6).

BACA JUGA: ARJ Dukung Kapolri Usut Tuntas Kerusuhan 21-22 Mei

BACA JUGA: Mervin: Pemerintah Harus Gencar Membangun Daerah yang Terisolasi

Pada kesempatan itu, Vinsen menyebut Mervin Sadipun Komber layak menduduki jabatan menteri. Mervin saat ini menjabat sebagai Ketua Badan Kehormatan Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI).

BACA JUGA: GERCIN: Masyarakat Harus Bersatu Merawat NKRI Sesuai Ideologi Pancasila

“Beliau (Mervin, red) adalah tokoh nasional, anak adat Papua Barat yang saat ini menjabat Ketua Badan Kehormatan DPD RI. Beliau sudah eksis sejak mahasiswa,” kata Vinsen.

Menurut Vinsen, berhubung Papua masih dalam proses pembangunan sehingga tokoh dari Papua Barat layak menduduki jabatan sebagai Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

BACA JUGA: Rayakan Ultah ARJ, Foreder Santuni 1.500 Anak Yatim dan Duafa

Vinsen yang juga Koordinator Relawan Gerakan Masyarakat Maritim Indonesia untuk Jokowi ini mengaku harapan perlunya tokoh Papua Barat masuk dalam jajaran kabinet sudah disampaikan kepada Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi - Ma’ruf Amin, Erick Thohir di Manokwari saat kampanye Pilpres lalu. Saat itu, kata Vinsen, aliansi relawan Jokowi di Papua Barat beranggotakan sekitar 20 organ relawan yang berkomitmen memenangkan Jokowi - Ma’ruf Amin.

“Kami juga sudah sampaikan statement (pernyataan, red) bahwa khusus untuk Papua Barat, jika Jokowi menang maka harus ada representasi tokoh Papua Barat masuk di kabinet,” kata Vinsen.

Sementara itu, Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Gerakan Rakyat Cinta Negara Kesatuan Republik Indonesia (DPN GERCIN) Hendrik Yance Udam menilai kehadiran Mervin Komber sebagai Ketua BK DPD RI di panggung politik nasional sangat inspiratif bagi kalangan generasi muda Papua. Hal ini menandakan bahwa sumber daya manusia (SDM) orang asli Papua tidak kalah berkualitas dengan SDM di wilayah barat Indonesia. Mervin adalah potret wajah Papua dalam panggung politik nasional.

"Kami berharap ke depan bung Mervin dapat lagi diberikan kepercayaan yang lebih besar untuk berkarya bagi bangsa dan negara lebih khusus tanah Papua tercinta. Sebab, saya melihat bung Mervin adalah sosok perekat anak bangsa dari Sabang sampai Merauke. Beliau sosok pekerja keras, dan juga sebagai sentral isu-isu Papua dalam bingkai NKRI," tegas Hendrik.(fri/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Inilah Nama – nama Kader Golkar Dianggap Layak jadi Menteri


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler