Rencana Pemkot Palembang Terapkan Ganjil Genap di Simpang Tiga Celentang

Senin, 02 September 2024 – 15:19 WIB
Penjabat (Pj) Wali Kota Palembang Ucok Abdulrauf Damenta saat meninjau di Jalan H Residen Abdul Rozak atau tepatnya di depan SMA Kusuma Bangsa, Senin (2/9/2024). Foto: Dok. Diskominfo Palembang.

jpnn.com, PALEMBANG - Pemkot Palembang kembali melakukan simulasi arus lalu-lintas di simpang pertigaan Celentang, Senin (2/9/2024) pagi.

Simulasi itu dilakukan pascaditutupnya arus putar balik atau U-trun di Jalan H Residen Abdul Rozak atau tepatnya di depan SMA Kusuma Bangsa.

BACA JUGA: Acara Puncak Lomba Bidar di Sungai Musi Palembang Berlangsung Meriah

Akibat terjadinya penutupan U-trun tersebut, penumpukan kendaraan makin menjadi di simping tiga Celentang sehingga akan dilakukan uji coba beberapa kali simulasi lalin.

Pemkot Palembang bahkan berencana memberlakukan ganjil genap di seputaran wilayah tersebut apabila tidak berhasil.

BACA JUGA: 16 Paslon Kepala Daerah di Sumsel Jalani Tes Kesehatan di RSMH Palembang

Penjabat (Pj) Wali Kota Palembang Ucok Abdulrauf Damenta menerangkan bahwa ada dua rencana dalam simulasi tersebut, yaitu kembali membuka U-trun di depan SMA Kumbang, kemudian memasang tiga TL (tanda lalu-lintas).

"Melihat kondisi makin padat pada simulasi pertama yang sudah dilakukan, nanti pada kegiatan berikutnya akan dihidupkan kembali TL dan kembali membuka tempat putar balik di SMA Kumbang dan di depan Hotel Peninsula," ungkap Ucok, Senin (2/9).

BACA JUGA: Pasutri di Palembang Nekat Curi Sepeda Motor, Aksinya Terekam CCTV

"Apabila belum berhasil juga, maka diberlakukan ganjil-genap di seputaran wilayah ini dan ini merupakan alternatif terakhir," sambungnya.

Demi menemukan solusi simulasi, pihaknya akan mengadakan pertemuan dengan pihak balai jalan.

Selanjutnya dilakukan kembali simulasi kedua serta pemasangan TL dan pembukaan kembali U-trun di depan SMA Kumbang.

Menurutnya, Jalan H Residen Abdul Rozak
merupakan jalan nasional, sehingga pihak Pemkot Palembang tidak menambah median jalan.

"Kalau ini kawasan Kota Palembang akan segera kami kerjakan penambahan median jalan ini, tetapi ini jalan nasional, makanya nanti secepatnya akan kita kordinasikan bersama kepala balai jalan bagaimana solusinya," tutup Ucok. (mcr35/jpnn)


Redaktur : Dedi Yondra
Reporter : Cuci Hati

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler