Rencanakan Masa Depan Bersama Pasangan dengan Reksa Dana BRI

Jumat, 16 Februari 2024 – 22:14 WIB
Investasi menjadi hal pokok karena salah satu upaya untuk merdeka secara finansial. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Berinvestasi akan terasa lebih menyenangkan jika dilakukan bersama pasangan.

Investasi menjadi hal pokok karena salah satu upaya untuk merdeka secara finansial.

BACA JUGA: Cara Ampuh Mengindari Impulsive Buying, Coba Investasi Obligasi dan Reksa Dana BRI

Selain itu, merencanakan masa depan bersama dan menjaga kestabilan finansial berdua.

Berinvestasi bersama pasangan, juga bisa bisa membuat kita merencanakan banyak hal, seperti menikah, membeli rumah, membuka usaha, menyiapkan dana kesehatan, hingga menyiapkan dana pensiun berdua.

BACA JUGA: Melihat Keunggulan Financial Dashboard QLola by BRI, Memantau Keuangan Bisnis jadi Mudah

Salah satu investasi yang bisa dipertimbangkan adalah Reksa Dana BRI sebagai instrumen investasi bersama orang terkasih.

Namun, sebelum membahas lebih lanjut terkait Reksa Dana BRI sebagai instrumen investasi pilihan, perlu memahami terlebih dulu poin penting investasi bersama pasangan sebagai berikut.

Poin Penting Investasi dalam Berpasangan

Investasi dalam Komunikasi

Pentingnya komunikasi yang baik dalam hubungan, dan bagaimana berinvestasi waktu dan energi untuk membangun komunikasi yang kuat dan sehat.

Investasi dalam Waktu Bersama

Cara mengalokasikan waktu yang berkualitas untuk bersama-sama, baik itu melalui liburan, kencan rutin, atau kegiatan-kegiatan bersama yang menyenangkan.

Investasi dalam Pertumbuhan Pribadi

Mendukung pasangan terkasih dalam pertumbuhan pribadi mereka, baik itu dalam karier, hobi, atau pengembangan diri lainnya.

Investasi dalam Masa Depan Bersama

Membuat rencana bersama untuk masa depan, termasuk merencanakan tujuan jangka panjang, seperti pernikahan, membeli rumah, atau memulai keluarga.

Investasi dalam Keuangan Bersama

Pendekatan yang bijaksana terhadap keuangan bersama, termasuk pembicaraan tentang tabungan, investasi, dan rencana keuangan jangka panjang. Anda bersama pasangan dapat melakukan konsultasi mengenai investasi dalam keuangan bersama dengan Layanan Wealth Management.

Beragam produk instrumen investasi yang ditawarkan oleh BRI untuk nasabah dalam mengembangkan, memproteksi, dan meneruskan kekayaan (Wealth Management Experience). Salah satunya adalah Reksa Dana.

Mengenal Investasi Reksa Dana

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Reksa Dana bisa menjadi salah satu pilihan instrumen investasi Anda bersama pasangan. Lantas, apa itu Reksa Dana?

Reksa dana adalah salah satu instrumen investasi yang menjadi wadah untuk menghimpun dana masyarakat yang dikelola oleh badan hukum yang bernama Manajer Investasi (MI), kemudian diinvestasikan ke dalam surat berharga seperti saham, obligasi, dan instrumen pasar uang.

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) pun menyediakan beragam pilihan instrumen investasi yang menarik. Selain portofolio investasinya dikelola oleh Manajer Investasi (MI) yang andal, investasi Reksa Dana juga cenderung bisa dimulai dengan modal yang relatif rendah, yakni mulai dari Rp 100.000.

Ada pun beragam pilihan Reksa Dana yang tersedia di BRI yang bisa Anda pertimbangkan sebagai instrumen investasi.

1. Reksa Dana Pasar Uang

Salah satu jenis Reksa Dana yang bisa dipilih salah satunya dalah Reksa Dana Pasar Uang (RDPU). RDPU merupakan jenis Reksa Dana dengan portofolio berupa instrumen aset jangka pendek, profil risiko rendah sampai sedang, serta return rata-rata 3-4% dalam tenor 1-2 tahun. Pemilihan aset jangka pendek ini bertujuan untuk menjaga likuiditas dan pemeliharaan modal.

2. Reksa Dana Pendapatan Tetap

Nasabah BRI juga bisa memilih jenis Reksa Dana Pendapatan Tetap. Jenis Reksa Dana ini memiliki portofolio yang sekurang-kurangnya 80% pada efek yang bersifat utang seperti Obligasi Negara dan Obligasi Korporasi.

Reksa Dana Pendapatan tetap memiliki profil risiko yang cenderung lebih besar dibanding RDPU. Return rata-rata yang ditawarkan pun relatif lebih tinggi, yakni 6-7% dalam tenor 2-3 tahun.

3. Reksa Dana Campuran

Reksa Dana Campuran adalah jenis Reksa Dana dengan portofolio berisikan 79% untuk semua instrumen investasi. Profil risiko sedang sampai tinggi dengan return rata-rata mencapai 8-9% dalam tenor 3-5 tahun.

4. Reksa Dana Saham

Reksa Dana Saham merupakan jenis Reksa Dana dengan efek ekuitas minimal 80% dalam portofolio. Jenis Reksa Dana ini memiliki risiko dalam rentang yang relatif tinggi. Meski begitu, return rata-rata yang ditawarkan pun cenderung tinggi yakni mencapai 10-13% dalam tenor lebih dari lima tahun.

5. Reksa Dana Terproteksi

Reksa Dana Terproteksi merupakan jenis Reksa Dana yang menawarkan perlindungan 100% pokok investasi saat jatuh tempo. Dengan jangka waktu investasi yang sudah ditentukan ini, nasabah BRI dapat mencairkan Reksa Dana sebelum jatuh tempo tanpa jaminan proteksi pokok investasi.

Beragam jenis reksa dana yang tersedia di BRI ini memudahkan nasabah yang hendak memilih instrumen investasi sesuai dengan kebutuhan dan profil risikonya, termasuk jika ingin berinvestasi bersama pasangan.

BRI sepenuhnya berkomitmen untuk mendukung nasabah dalam mengelola asetnya secara produktif dengan menginvestasikannya di pasar modal dan pasar uang.

Salah satunya yakni dengan menyediakan opsi investasi reksa dana yang tentunya dapat mempermudah nasabah.

Pembelian unit reksa dana melalui BRI ini bisa dilakukan dengan mudah lewat Unit Kerja Agen Penjual Efek Reksa Dana (UKER APERD) BRI.(jpnn)


Redaktur : Elvi Robiatul
Reporter : Elvi Robiatul, Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler