Repatriasi WNI di Suriah Tembus 2551 Orang

Kamis, 27 Juni 2013 – 17:53 WIB
JAKARTA - Hingga tanggal 25 Juni 2013,   jumlah warga negara Indonesia (WNI) yang telah dipulangkan ke Tanah Air dari Suriah tercatat sebanyak 2.551 orang. Pemulangan WNI ke Tanah Air dilakukan melalui Beirut, Lebanon.

Dubes RI untuk Lebanon, Dimas Samodra Rum mengatakan bahwa kelancaran upaya repatriasi WNI berkat hubungan baik dengan otoritas Lebanon.

"Hubungan baik dengan otoritas Lebanon telah membuahkan hasil berupa kesediaan pihak setempat untuk membantu proses pemberian visa dengan masa tinggal 10 hari hingga 1 bulan alias lebih panjang dari fasilitas visa yang mereka berikan sebelumnya," kata Dimas melalui siaran pers kepada JPNN, Kamis (27/6).

Gratisnya biaya visa tersebut dinilai sangat memberikan keleluasaan waktu bagi Pemerintah Indonesia untuk menyiapkan tiket pesawat. Selama menunggu tiket, WNI ditampung di shelter KBRI Beirut.

Sesuai peraturan imigrasi Lebanon, biaya untuk visa transit berdurasi 10 hari mencapai LBP 25.000 atau sekitar Rp158.000 per orang. Sedangkan izin tinggal berdurasi 30 hari mencapai LBP 50.000 atau sekitar Rp. 316.000 per orang.

Pejabat senior otoritas imigrasi Lebanon, Fadi Malak mengatakan bahwa fasilitas visa gratis dari Pemerintah Lebanon tersebut membuat Pemerintah Indonesia menghemat keuangan negara sebesar LBP 127.550.000 atau sekitar Rp 806.116.000. Perhitungan ini mrngacu jumlah WNI yang dipulangkan selama periode Januari – 25 Juni 2013 sebanyak 2.551 orang.

Upaya lain yang juga dilakukan KBRI Beirut yakni menjalin koordinasi yang mapan dengan otoritas imigrasi Lebanon. Kerja sama ini mampu mempercepat proses penerbitan visa oleh petugas imigrasi di pos perbatasan Lebanon-Suriah.

"WNI kita membutuhkan waktu 3 jam untuk menunggu terbitnya visa dari sebelumnya 8–10 jam ketika masa awal pemulangan dibuka," papar Fadi.

Menurut Fadi, pemulangan WNI kita yang tercepat dibandingkan dengan warga negara lain. Warga negara Sudan, Filipina, India, Bangladesh, Irak, Pakistan, dan Mesir umumnya harus menunggu hingga 6–8 jam. (dil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Politisi PKS Ini Kesal Selalu Disadap KPK Soal Perempuan

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler