Resmi Diusung Parpol, 3 Jenderal Belum Mundur dari Polri

Senin, 08 Januari 2018 – 22:11 WIB
Irjen Setyo Wasisto. Foto: Elfany Kurniawan/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto menerangkan, pihaknya masih belum mendapatkan pengunduran diri dari tiga jenderal polisi yang ikut Pilkada Serentak 2018.

Hingga saat ini dia memastikan Irjen Safaruddin, Irjen Anton Charliyan dan Irjen Murad Ismail yang sudah resmi diusung partai politik, masih berstatus prajurit Bhayangkara. “Ini kan baru diusung partai, belum penetapan,” kata dia ketika dikonfirmasi, Senin (8/1).

BACA JUGA: Apa Tujuan PDIP Usung Duet TNI-Polri di Pilkada Jabar?

Pengunduran diri kata wajib dilakukan kalau sudah ada penetapan. “Kalau mendaftar belum (mundur), nanti pas penetapan 12 Februari,” sambung dia.

Ketika ditanya soal kemungkinan jenderal polisi itu menggunakan jabatannnya untuk politik praktis, Setyo mengatakan hal itu tak mungkin. “Enggak mungkin, kan sudah dimutasi,” imbuhnya.

BACA JUGA: Tak Peduli Kalah Menang, Kang TB-Anton Siap Tempur di Jabar

Selain itu, Polri juga punya Divisi Propam yang siap menindak jika nanti ditemukan penyalahgunaan wewenang.

Soal permintaan Kapolri Jenderal Tito Karnavian terhadap tiga jenderal untuk mundur, Setyo mengaku permintaan itu tidak mutlak harus dilakukan. “Secara eksplisit tidak, tapi kan aturannya memang ada (mundur ketika penetapan), kami ikut aturan aja,” tambah dia.

BACA JUGA: Catat, Jago PDIP di Jabar Tak Bermasalah dengan Umat Islam

Kapolri sebelumnya menerbitkan surat telegram rahasia berisi mutasi perwira Polri yang akan maju dalam Pilkada Serentak 2018.

Pertama adalah Safaruddin yang dimutasi dari posisinya sebagai Kapolda Kalimantan Timur menjadi perwira tinggi Badan Intelijen Keamanan Polri dalam rangka pensiun.

Tito menunjuk Brigjen Pol Priyo Widyanto sebagai pengganti Safaruddin. Priyo sebelumnya merupakan Kapolda Jambi.

Lalu, Anton Charliyan yang kini menjabat sebagai Wakil Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri dimutasi menjadi Analis Kebijakan Utama Bidang Sespimti Sespim Lemdiklat Polri. Posisinya digantikan oleh Irjen Sigit Sudarmanto.

Murad Ismail yang sebelumnya menjabat sebagai Komandan Korps Brimob Polri dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Brimob Korbrimob Polri. Posisinya akan digantikan oleh Brigjen Rudy Sufahriadi yang sebelumnya menjabat Kapolda Sulawesi Tengah. (mg1/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... TB Hasanuddin-Anton Charliyan Jadi Jago PDIP di Pilgub Jabar


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler