Resmi, Tri Rismaharini Punya Jabatan Baru

Senin, 19 Agustus 2019 – 18:32 WIB
Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri melantik Tri Rismaharini sebagai Ketua DPP PDIP bidang kebudayaan. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Megawati Soekarnoputri melantik Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menjadi Ketua DPP PDIP Bidang Kebudayaan. Pertimbangan Ketum DPP PDIP itu mengangkat Risma karena prestasinya yang moncer dalam menata Surabaya.

Megawati mengatakan, saat Kongres V PDI Perjuangan di Bali beberapa waktu lalu, Risma berhalangan hadir untuk dilantik. Karena itu, pelantikan dilakukan pada Senin (19/8) hari ini di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat.

BACA JUGA: Sori, Bu Risma Ogah Dulu Jadi Menteri

"Yang saya hormati dan cintai, Ibu Tri Rismaharini, yang pada kongres PDI Perjuangan kelima telah ditetapkan sebagai seorang DPP partai bidang kebudayaan," kata Megawati mengawali prosesi pengambilan sumpah.

"Sesuai keputusan kongres, setiap DPP partai harus dilantik dengan mengucapkan janji jabatan yang dipandu ketua umum. Apakah ibu bersedia mengucapkan janji jabatan?" tanya Megawati lagi.

BACA JUGA: Harap Disimak, nih Penjelasan Bu Risma soal Mahasiswa Papua di Surabaya

"Siap, saya bersedia," jawab Risma.

BACA JUGA: Harap Disimak, nih Penjelasan Bu Risma soal Mahasiswa Papua di Surabaya

BACA JUGA: Bantah Pengusiran Mahasiswa, Bu Risma: Saya Mama Papua

Menurut Megawati, Risma merupakan kepala daerah yang berprestasi. Selama dua periode memimpin Surabaya, banyak terjadi perubahan di Kota Pahlawan itu.

"Kami tahu sebagai wali kota, beliau sudah melaksanakan tugasnya dengan baik, dua kali. Dan menurut saya perubahan di Surabaya itu luar biasa sekali," kata Megawati.

Megawati menceritakan, dulu Surabaya dikenal sebagai kota yang sangat panas. Namun Risma hadir dengan programnya yang prolingkungan seperti membangun taman dan tempat bermain. Banyak program lainnya dari Risma bisa terjadi, yang di masa lalu belum bisa dilaksanakan.

Akibatnya, lanjut Megawati, bila di kota-kota lain di Indonesia terjadi kenaikan suhu udara, di Surabaya terjadi sebaliknya. Penurunan derajat cuaca di Surabaya sejak kepemimpinan Risma adalah dua derajat celcius.

"Ini luar biasa. Di tempat lain naik, justru di Surabaya turun dua derajat. Kita bisa rasakan di Surabaya kini, biar panas tetapi panasnya tak membuat gerah. Itu akibat banyaknya taman dan kerindangan. Itu salah satu yang berhasil beliau lakukan," ujar Megawati.

Megawati melanjutkan, dirinya sebenarnya ingin Risma seterusnya bisa menjadi wali kota Surabaya. Namun aturan hanya membolehkan dua periode jabatan saja.

"Maka saya segera tarik (Risma, red) ke DPP untuk membantu PDI Perjuangan di bidang kebudayaan. Nanti tugas beliau akan banyak keliling Indonesia, untuk antara lain mengompilasi kearifan lokal kita," ujar Megawati.

Pelantikan itu sendiri dihadiri sejumlah petinggi partai seperti Sekjen Hasto Kristiyanto, Kepala Pusat Analisa dan Pengendali Situasi (Situation Room) PDIP M Prananda Prabowo, serta para Ketua DPP dan Wakil Sekjen. Di antaranya adalah Puan Maharani, Nusyirwan Soejono, Hamka Haq, Ahmad Basarah, Djarot Saiful Hidayat, Ribka Tjiptaning, dan Arif Wibowo. (tan/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Risma Ajak untuk Mengalahkan Musuh Bersama yang Sesungguhnya


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler