Resmi, Yoyok Sukawi & Joko Santoso Maju Pilkada Kota Semarang 2024

Senin, 26 Agustus 2024 – 15:00 WIB
Ketum Demokrat AHY memberikan rekomendasi kepada Yoyok Sukawi & Joko Santoso di Pilkada Kota Semarang 2024. FOTO: Instagram @pdemokratjateng.

jpnn.com, SEMARANG - Partai Demokrat resmi mengusung Yoyok Sukawi dan Joko Santoso di pemilihan kepala daerah atau Pilkada Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng) 2024.

Dukungan itu diserahkan langsung oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Jakarta, Minggu (25/8) malam.

Tampak Yoyok dan Joko yang hadir secara langsung kompak mengenakan atasan batik bercorak biru. Dia didampingi Ketua Demokrat Kota Semarang Wahyoe Winarto, dan Ketua Demokrat Jateng Rinto Subekti.

"Di tengah dinamika politik yang menarik, Demokrat fokus mempersiapkan kandidat agar sukses di pilkada. Kami memetakan pilkada secara rasional dan obyektif," kata AHY dalam siaran langsung di Instagram @pdemokrat.

Dikonfirmasi terpisah, Joko Santoso yang juga Ketua Bapilu Gerindra Kota Semarang itu mengatakan duetnya bersama Yoyok Sukawi atas arahan dari Koalisi Indonesia Maju dengan tambahan partai politik lain atau KIM Plus.

"Dari awal kami bersepakat dan berupaya KIM Plus ada kerja sama sampai di tingkat bawah jadi bisa linier antara pusat, gubernur dan kota/ kabupaten dengan napas yang sama," ujar Joss sapaan akrabnya.

Joss mengatakan Demokrat telah memberikan surat keputusan pemberian bukti dukungan atau B1 KWK terhadap Yoyok dan dirinya mengikuti pemilihan wali kota dan wakil wali kota atau Pilwakot Semarang, November mendatang.

Menurutnya, penyerahan B1 KWK tersebut sesuai dengan arahan KIM Plus dari pusat agar melakukan kerja sama sampai daerah-daerah. "Ketika di konteslasi Pilkada bisa gampang koordinasinya," katanya.

Dipilihnya Bos PSIS Yoyok Sukawi itu juga karena elektabilitasnya tinggi. Termasuk dalam visi misi yang diangkat representatif anak muda. Menurutnya, KIM Plus di Kota Semarang akan solid.

"Yang kedua memang dari beberapa calon wali kota yang dilihat oleh Gerindra yang punya elektabilitas dan survei terbaru adalah Mas Yoyok Sukawi, di mana dia asli Kota Semarang," ujarnya.

Kini pasangan Yoyok-Joss diusung oleh Demokrat, Gerindra, PKB, PPP, hingga PAN melalui Koalisi Semarang Maju di Pilkada Kota Semarang.(mcr5/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:

BACA JUGA: Demokrat Resmi Dukungan Poltak-Anugerah di Pilkada Toba 2024

BACA ARTIKEL LAINNYA... Hasil Survei Jelang Pilkada Kota Semarang: Elektabilitas Hevearita Teratas, Yoyok Sukawi Mengejutkan


Redaktur : Elfany Kurniawan
Reporter : Wisnu Indra Kusuma

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler