Resmikan Gedung Vokasi, Menaker Ida: Program Pelatihan Semakin Mudah Diakses

Senin, 16 Oktober 2023 – 09:57 WIB
Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah meresmikan Gedung Vokasi Kemnaker yang berada di Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jaksel. Foto: Kemnaker

jpnn.com, JAKARTA SELATAN - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah meresmikan Gedung Vokasi Kemnaker yang berada di Jalan Jenderal Gatot Subroto Kaveling 44, Jakarta Selatan, Minggu (15/10).

Gedung Vokasi itu akan digunakan oleh Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas.

BACA JUGA: Menaker Ida Fauziyah Kukuhkan Anggota Lembaga Akreditasi LPK Periode 2023-2028

Menurutnya, pembenahan dan renovasi gedung vokasi itu sebagai upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat dan stakeholders.

"Dengan adanya gedung vokasi ini terkait program pelatihan vokasi akan semakin mudah diakses oleh seluruh masyarakat dan juga stakeholders," katanya.

BACA JUGA: Menaker Ida Pastikan Perlindungan Bagi Pekerja Migran Indonesia Terus Dioptimalkan

Dia menegaskan revitalisasi pelatihan vokasi menjadi salah satu fokus terobosan pemerintah karena memiliki tiga keunggulan.

Pertama, memiliki durasi waktu lebih singkat dibandingkan pendidikan formal.

BACA JUGA: Temui Dubes Ridwan Hassan di Qatar, Menaker Ida Fauziyah Bahas Sejumlah Agenda Penting

Kedua, pelatihan vokasi berbasis demand driven (sesuai dengan kebutuhan industri).

Ketiga inklusivitas pelatihan vokasi menjangkau semua kalangan dan mampu dikombinasikan dengan program jaring pengaman sosial lainnya.

"Tiga keunggulan tersebut dapat menjadi solusi bagi angkatan kerja Indonesia yang masih didominasi lulusan SD-SMP," katanya.

Revitalisasi pendidikan vokasi dan pelatihan vokasi sesuai dengan langkah Pemerintah yang meberbitkan Perpres Nomor 68 Tahun 2022 yang bertujuan untuk mewujudkan SDM Unggul menuju Indonesia Emas 2045

"Perpres ini bertujuan meningkatkan akses, mutu, dan relevansi penyelenggaraan pendidikan vokasi dan pelatihan vokasi sesuai dengan kebutuhan pasar kerja, " ujar Ida Fauziyah. (jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Gelar Rembuk Nasional LPKS, Menaker Ida: Semoga Bisa Peroleh Hasil Positif


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Dedi Sofian, Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler