Resmikan Pura Dharma Segara, KSAL Yudo: TNI AL Miniatur Implementasi Pancasila

Jumat, 04 November 2022 – 14:58 WIB
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono (kedua kiri) saat memberikan keterangan pers seusai meresmikan rumah ibadah bagi umat Hindu ‘Pura Dharma Segara’ di Kompleks Balai Samudera Sunter Kodamar, Jakarta Utara, Kamis (3/11). Foto: Friederich Batari/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono meresmikan rumah ibadah bagi umat Hindu ‘Pura Dharma Segara’ yang berlokasi di Kompleks Balai Samudera Sunter Kodamar, Jakarta Utara, Kamis (3/11).

KSAL menandai peresmian Pura Dharma Segara dengan menandatangani prasasti dan pengguntingan pita oleh Ny. Vero Yudo Margono.

BACA JUGA: Laksamana Yudo: Mari Jadikan TNI AL Sebagai Rumah Besar Pancasila

Laksamana Yudo mengatakan Kawasan kompleks TNI AL Kodamar Sunter saat ini ibarat miniatur gambaran implementasi Pancasila dengan adanya pembangunan Pura yang sebelumnya juga sudah ada beberapa rumah ibadah masjid dan gereja.

KSAL Yudo memberi perhatian sangat luar biasa terhadap pembangunan fasilitas berupa rumah-rumah ibadah.

BACA JUGA: Menhan Kukuhkan KRI dr. Wahidin Sudirohusodo, Laksamana Yudo: TNI AL Berkomitmen Gunakan Produk Dalam Negeri

Yudo beralasan pembangunan berbagai rumah ibadah menjadi simbol yang sangat baik akan kuatnya toleransi dan kerukunan umat beragama di Indonesia khususnya TNI AL.

“Dengan kemajemukan yang luar biasa, kerukunan dan toleransi adalah kunci kekuatan bangsa,” tegas Laksamana Yudo.

Lebih lanjut, Laksamana Yudo mengatakan pembangunan rumah ibadah juga merupakan wujud tanggung jawab personel TNI AL yang beriman, bermoral, humanis, dan profesional.

Yudo mengatakan seiring peningkatan mental maka akan terwujud pula peningkatan kinerja dan kompetensi personel dalam melaksanakan tugas-tugas yang menjadi beban amanahnya.

Pembangunan Pura Dharma Segara diawali dengan prosesi peletakan batu pertama pada 2 November 2021 lalu.

Tempat ibadah yang berada di kompleks TNI AL ini terdapat bangunan-bangunan seperti candi bentar, wantilan, kori agung, bale saka 6, bale pemujan, tugu karang dan bangunan padmasari. Termasuk juga membangun beberapa fasilitas pendukung lainnya.

Laksamana Yudo berharap sarana ibadah ini dapat memberikan kesejukan hati kepada para umat khususnya prajurit dan keluarga.

Selain itu, KSAL juga berharap untuk memanfaatkan rumah ibadah ini untuk membangun dan membina kerukunan hidup antarumat beragama sebagai dasar membina persatuan dan kesatuan di tengah kehidupan bangsa yang majemuk.

“Hal ini penting agar tidak akan mudah dimasuki paham-paham radikal,” tegas Laksamana Yudo.

Tampak hadir pada acara peresmian Pura Dharma Segara antara lain Wakil Kepala Staf TNI AL Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purnowo dan Kadispenal Laksamana Pertama Julius Widjojono beserta perwakilan tokoh lintas agama.(fri/jpnn)


Redaktur & Reporter : Friederich Batari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler