Respons Putra Kiai Ma’ruf Soal Debat Capres-Cawapres

Jumat, 18 Januari 2019 – 20:57 WIB
Ketua Dewan Pembina Master C19 Portal KMA Ahmad Syauqi Ma’ruf Amin. Foto: Master C19 Portal KMA

jpnn.com, JAKARTA - Putra KH Ma’ruf Amin, Ahmad Syauqi ikut memberikan penilaian, hasil debat perdana capres-cawapres di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1) malam. Menurut Gus Oqi-sapaan akrab putra KH Ma’ruf Amin-debat dari dua paslon tidak mengecewakan.

Terutama narasi yang disampaikan pasangan calon nomor urut 01. Kata Gus Oqi, paslon nomor urut 01 menyampaikan sangat komplet sesuai tema yang dipedebatkan.

BACA JUGA: Datang dari Madura, Kiai Kampung Dukung Jokowi-Maruf

”Beberapa persoalan yang sampaikan dan yang dikeluhkan paslon nomor urut 02 dapat dijawab paslon nomor urut 01,” ujar Gus Oqi di Markas Terpadu C19 Poros Nyata Laskar KMA, Menteng, Jakarta, Jumat (18/1).

Gus Oqi mengakui Kiai Ma’ruf tidak banyak bicara dalam debat. Namun, lanjut putra kelima Kiai Ma’ruf ini, narasi yang disampaikan ayahnya sangat berkualitas. Terutama kala debat memasuki tema Hak Asasi Manusia (HAM) dan terorisme.

BACA JUGA: Ini Alasan Jokowi - Maruf Tak Puji Prabowo - Sandi

”Menurut saya, Abah berbicara pada konteks yang tepat. Dan mungkin bukan hanya saya yang beranggapan, apa yang disampaikan Abah sangat rasional. Misalnya terkait terorisme. Abah bilang yang terpapar radikalisme harus diluruskan pemahaman agamanya. Kalau mereka radikal karena ekonomi harus disejahterakan,” tandas Gus Oqi.

Kiai Ma’ruf dapat menyampaikan begitu, lanjut Ketua Dewan Pembina Master C19 Portal KMA ini, karena Kiai Ma’ruf memang sangat paham persoalan-persoalan bangsa.

BACA JUGA: Debat Pilpres: Gerakan Diam-Diam Puji Visi Jokowi- Ma’ruf

”Karena itu menurut saya, konten yang disampaikan paslon nomor urut 01 sudah komplet. Abah yang menanggapi masalah sosial atau umat, Pak Jokowi masalah yang lain,” ungkapnya.

”Jadi apa yang disuguhkan paslon 01 dalam penampilan debat semalam, sangat elegan dan duet serasi. Saling mengisi, sebuah komposisi lengkap yang saling melengkapi membuat orang semakin penasaran untuk menyaksikan keduanya tampil di debat berukutnya,” sambung Gus Oqi.

”Konsep dan penerapan kebijakan Indonesia maju yang pro rakyat apa lagi yang akan disampaikan, sehingga rakyat jadi semakin rindu ingin menyaksikan penampilan komposisi kompak keduanya,” tandasnya.(jpg/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Lebih Banyak Diam Saat Debat, Begini Penjelasan KH Maruf


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler