Respons Wiranto soal Desakan Ganti Kapolri dan Kepala BIN

Rabu, 16 Mei 2018 – 21:42 WIB
Menko Polhukam Wiranto, saat sesi wawancara bersama wartawan usai pernyataan pers Presiden Jokowi, di Istana Bogor, Kamis (10/5). Foto: Foto M Fathra/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Suara-suara yang mendesak Presiden Joko Widodo mencopot para pejabat di bidang keamanan mengemuka seiring maraknya aksi teror belakangan ini. Presiden yang beken disapa dengan panggilan Jokowi itu didesak segera mencopot Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan dan Kepala Badan Nasional Pemberantasan Terorisme (BNPT).

Namun, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto enggan merespons desakan itu. “Kalau itu enggak usah ditanggapi," ucapnya di Istana Negara, Jakarta, Rabu (16/5).

BACA JUGA: Mendagri Yakin Siskamling Ampuh Cegah Terorisme

Terkait anggapan bahwa BIN kecolongan atas berbagai peristiwa teror tersebut, Wiranto menepisnya. Menurutnya, aksi teror bukanlah seperti maling mencuri barang.

Mantan Panglima ABRI itu mengatakan, banyak negara di dunia yang juga menghadapi ancaman terorisme. Karena itu dia meminta masyarakat tak menyalahkan institusi tertentu ataupun pimpinannya terkait aksi teror belakangan nini.

BACA JUGA: Korban Terorisme Berjatuhan, Negara Tidak Bisa Tinggal Diam

"Kita tidak boleh saling menyalahkan, tetapi bekerja sama, menyadari bahwa ini tugas kita bersama. Kalau saling menyalahkan itu bagian dari teror itu, enggak bisa," tegas Wiranto sembari menegaskan bahwa Polri sudah bertindak tepat dalam menyikapi aksi teror.(fat/jpnn)

BACA JUGA: Anggaran Naik Terus, Kinerja BIN dan Polri Dipertanyakan

BACA ARTIKEL LAINNYA... PGI: Tidak Perlu Takut Hadapi Terorisme


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler