Review Realme 8 : Ponsel Menengah dengan Kinerja Menjanjikan

Rabu, 07 April 2021 – 16:59 WIB
Realme 8. Foto: ridha

jpnn.com, JAKARTA - Tahun ini, Realme Indonesia kembali memantapkan kiprahnya di pasar ponsel flagship dengan merilis realme 8 series.

Konon, ponsel seri angka terbaru besutan Realme itu telah mendapatkan peningkatan di sejumlah sektor, di antaranya kemampuan fotografi dan bahasa desain terinspirasi gaya digital futuristik.

BACA JUGA: Realme V13 5G Resmi Dirilis, Ini Harga dan Spesifikasinya

Membawa slogan capture infinity, kami beruntung mendapatkan kesempatan membuktikan performa ponsel kelas menengah itu.

BACA JUGA: Samsung Akan Hadirkan Galaxy Tab Anyar Versi Murah

Kamera
Menerjemahkan slogan capture infinity, realme 8 hadir dengan fokus di peningkatan teknologi foto dan videografi.

Konfigurasi kamera quad yang terdiri dari lensa utama 64MP, sudut ultra lebar 8MP, lensa makro dan lensa potret B&W. Sedangkan kamera depannya 16MP.

BACA JUGA: Realme 7 5G Resmi Diluncurkan, Intip Spesifikasinya

Sensor besar dengan bukaan f/1,79 dan ukuran piksel tinggi mampu menghasilkan gambar cerah bahkan di kondisi cahaya minim.

Diafragma dengan angka kecil (bukaan lebar, red) itu memungkinkan kami menangkap objek di dalam ruangan dengan hasil yang jelas dan terang.

Sementara itu, lensa sudut ultra lebar dengan bidang pandang 119 derajat membantu kami menangkap gambar lanskap, terutama saat menghadiri acara besar di sebuah gedung luas, atau ketika berada di alam bebas.

Untuk kebutuhan objek-objek kecil yang menawan, Anda bisa memanfaatkan lensa ultra makro atau sistem filter warna B&W.

Kemampuan perangkat keras fotografi realme 8 itu tidak lepas dari dukungan software yang mumpuni.

Sejumlah peningkatan pun dilakukan, seperti fitur night mode, tilt-shift, starry, dan AI color portrait, dynamic bokeh, serta neon portrait yang berfokus pada ragam efek blur dan pencahayaan lampu latar.

Bagi kamu yang pengin bereksplorasi lebih jauh dengan keindahan malam hari ala fotografer profesional, mode expert patut dicoba.

Konfigurasi kamera Realme 8 juga ditingkatkan dalam hal merekam objek. Salah satu fitur terbarunya ialah dual view-video.

Fitur tersebut memungkinkan kami merekam dari kamera depan dan belakang secara bersamaan.

Desain
Realme menyebut bahasa desain seri 8 dengan infinite bold, berfokus pada bobot yang ringan, tipis, dan unik.

Sesuai tawaran realme, desain seri 8 kami amini memang lebih tipis yang ketebalannya kurang dari 8 mm dan beratnya 177 gram. Sehingga nyaman dipegang dalam waktu lama.

Cangkang plastik bermaterial polikarbonat dengan strip "Dear to Leap" dan lapisan silver di sisi bodi membuatnya terasa beda (edgier).

Kesan itu makin kuat berkat rumah kamera berbentuk persegi.

Hanya saja sentuhan akhir mengilap membuat mudah menarik bekas sidik jari. Meminimalisir itu, Anda bisa memilih dua warna yang disediakan yakni cyber silver dan cyber black.

Layar
Beralih ke bagian depan, layar SuperAmoled 6,4 inci dengan resolusi 2.400x1.080 FHD+, kecerahan puncak 1.000 nits, dan tingkat responsivitas layar terhadap perintah sentuhan 180Hz.

Paket spesifikasi tersebut tentu membantu kami menikmati hasil gambar dengan warna dan tingkat kecerahan yang halus, serta respons lebih cepat saat bermain gim ketangkasan, seperti PUBG Mobile atau Mobile Legend.

Saat menonton konten streaming pun cukup memuaskan, dengan warna dan teks yang tidak membuat mata jenuh serta sudut pandang yang baik.

Peforma
Otak di balik kinerja realme 8 memang membuat kami penasaran.

Prosesor MediaTek helio G95 yang diklaim befokus pada kebutuhan bermain gim ini dibuat menggunakan proses produksi 12nm yang canggih, menjadikannya lebih kuat dan efisien.

Hal itu tidak lepas dari kombinasi CPU dengan dua core Cortex-A76 berkinerja tinggi hingga 2.05GHz dan enam core Cortex-A55 yang efisien sampai 2GHz, bersama Mali-G76GPU.

Secara umum, pengalaman kami memainkan PUBG Mobile mulus. Grafis mulus tanpa lag, terutama terkait detail dan warna.

Tambahan modul AIE di realme 8 membuatnya bisa mengenali permainan dan secara real-time menyesuaikan ke performa. Setelah sesi hampir setengah jam, ponsel tidak terasa panas.

Tidak sekadar bermain gim, prosesor juga dirancang untuk mengoptimalkan kegiatan lain, baik online maupun offline, seperti menonton film atau mengedit video.

Selain itu, peningkatan kapasitas menjadi 5.000 mAh, menjadikan pengalaman menggunakan realme 8 makin seru.
Untuk menjalankan YouTube bisa sampai 23 jam, online musik 98 jam, dan main gim sekitar 10 jam.

Realme juga sudah meningkatakan kinerja fitur-fitur personalisasi di ponsel Rp 3 jutaan itu, baik dari segi kreativitas, produktivitas, efisiensi maupun perlindungan privasi, sehingga diharapkan bisa memuaskan pengguna generasi Z. (rdo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Realme C21 Resmi Dirilis di Indonesia, Sebegini Harganya


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler