RI-Singapura Makin Lengket

Rabu, 24 Oktober 2012 – 20:09 WIB
JOGJA - Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Marty Natalegawa melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu Singapura K. Shanmugam di Jogjakarta, Rabu (24/10). Kedua menlu sepakat bahwa hubungan Indonesia dan Singapura makin dekat dan menguat.

Menurut Marty, hal ini terlihat dari kerjasama ekonomi antara kedua negara. Banyak pengusaha asal Singapura yang menanamkan modalnya di Indonesia. "Singapura juga merupakan investor terbesar di Indonesia," kata Marty dalam siaran pers yang diterima JPNN, Rabu (24/10).

Pertemuan bilateral di tingkat menteri ini akan dilanjutkan dengan pertemuan di level kepala negara. Bulan depan, Presiden Singapura Tony Tan Keng Yam dijadwalkan menemui Presiden SBY.

"Bulan November depan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan menerima kunjungan Presiden Singapura Tony Tan Keng Yam," ujar Marty.

Pertemuan Marty dengan Menlu Singapura di Jogja bukan cuma membahas isu bilateral. Keduanya juga membahas sejumlah isu di kawasan seperti sengketa wilayah Laut China Selatan. Menlu Shanmugam menyambut baik prakarsa Menlu Marty tentang Zero Draft COC dan mengapresiasi peran Indonesia dalam mengelola isu Laut China Selatan.

Pertemuan bilateral di tingkat menlu ini merupakan forum enam bulanan yang membahas perkembangan kerjasama bilateral kedua negara. Selasa kemarin (23/10) Marty juga bertemu dengan Menlu Malaysia, Dato Sri Anifah Aman. Keduanya juga melakukan pertemuan Komisi Bersama RI-Malaysia ke 12, tanggal 22 Oktober 2012.

Pertemuan dilakukan Marty di sela-sela kegiatannya menghadiri forum The Fifth Asian Ministerial Conference on Disaster Risk Reduction. Konferensi internasional ini berlangsung tiga hari dari tanggal 22-25 Oktober 2012. (dil/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Gencatan Diusulkan, Bom Guncang Damaskus

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler