Rian Ernest Andalkan Relawan Batam Baru

Kamis, 26 Desember 2019 – 14:22 WIB
Juru Bicara PSI Rian Ernest. Foto: Ist

jpnn.com, BATAM - Politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Rian Ernest mendeklarasikan diri maju di Pemilihan Wali Kota Batam 2020 melalui jalur independen dengan mengandalkan gerakan Relawan Batam Baru. 

Jika lolos verifikasi Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD), pencalonan Rian akan jadi sejarah baru di Kota Batam. 

BACA JUGA: Nasihat Ngabalin dan Ajakan Rian Ernest untuk Milenial

"Belum pernah ada calon independen yang berhasil maju berkontes di Pilwalkot Batam. Jadi usaha relawan Batam Baru ini adalah sejarah baru juga buat masyarakat Batam," kata Koordinator Relawan Batam Baru Kecamatan Sagulung, Hasoloan Siburian, Kamis (26/12).

Untuk bisa lolos verifikasi, Rian dan Relawan Batam Baru harus bisa mengumpulkan sebanyak 49 ribu lembar dukungan dan KTP warga Batam. 

BACA JUGA: Siap Mencetak Sejarah, Politikus PSI Rian Ernest Maju Pilkada Batam 2020

Namun, untuk memastikan tidak ada KTP ganda atau tidak terdaftarnya KTP di KPUD, para relawan menargetkan setidaknya ada 60 ribu lembar dukungan dan KTP yang terkumpul.

Relawan Batam Baru juga harus bergerak cepat, mengingat batas akhir pengumpulan lembar dukungan dan KTP pada 23 Februari 2020.

"Kami membentuk struktur relawan yang bertingkat mulai dari kecamatan dan kelurahan. Mereka ditugaskan untuk menggalang dukungan dan memperkenalkan Rian dari rumah ke rumah," kata Hasoloan.

Di daerahnya, Kecamatan Sagulung, para relawan diharapkan bisa mengumpulkan setidaknya 10 lembar dukungan dan KTP setiap harinya. 

"Sejauh ini, proses pengumpulan KTP berjalan sangat baik. Masyarakat cukup antusias dengan sosok Rian yang masih muda dan terlihat bisa membawa harapan dengan gerakan Batam Baru," ujarnya.

Sejak awal, Rian menekankan bahwa Batam mempunyai potensi ekonomi yang banyak terlewat dan harusnya bisa dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat. 

"Permasalahan ekonomi dan kurangnya lapangan kerja, memang jadi keluhan masyarakat saat ini. Masyarakat menganggap Rian punya potensi menyelesaikan problem itu karena punya pengalaman dan koneksi di tingkat nasional," kata Hasoloan.

Selain itu, Relawan Batam Baru juga mengoptimalisasi penggunaan media sosial dan situs web untuk mempromosikan dan menggalang dukungan bagi Rian Ernest. Para simpatisan juga bisa mengunduh lembar dukungan, mengisi, dan mengunggah dukungan mereka di laman internet www.batambaru.com.

Dalam laman tersebut, tercatat sudah 1,787 dukungan dan KTP terkumpul sejak Rian Ernest resmi mendeklarasikan diri, 11 Desember 2019, lalu. Para relawan di lapangan, cukup optimis dalam waktu sekitar 50 hari lagi, target mereka dapat terkumpul melalui sistem yang sudah terkoordinasi dengan baik.(chi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler