Riau Mulai Diguyur Hujan

Selasa, 25 Juni 2013 – 18:44 WIB
JAKARTA - Upaya pemadaman ratusan titik api (hot spot) akibat kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau mulai membuahkan hasil. Setelah mengoptimalkan operasi udara, hujan mulai mengguyur sejumlah kabupaten/kota di Riau.

Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengungkapkan, hari ini Wakil Gubernur Riau H.R Mambang Mit telah memerintahkan Komandan Tanggap Darurat Brigjen TNI Teguh Rahardjo mengoptimalkan operasi darat dan udara.

"Karena kondisi hotspot yang makin meningkat, yang hari ini mencapai puncaknya 265 titik. Pak Wagub memerintahkan Komandan Tanggap Darurat mengoptimalkan operasi pemadaman titik api dengan darat dan udara. Hasilnya hujan sudah mulai mengguyur beberapa wilayah di Riau," kata Sutopo, Selasa (25/6).

Hari ini pesawat Hercules sudah melakukan penyemaian awan sebanyak 1 sorti x 3 ton di atas daerah Bengkalis dan Utara Pekanbaru. Sedangkan 3 helikopter bolco melakukan water bombing sebanyak 9 sorti x 500 liter air di wilayah Tanah Putih, Ujung Tanjung, Rokan Hilir.

"Helikopter bolco terpaksa menginap di Koramil Ujung Tanjung karena hujan dan jarak pandang kurang baik," jelasnya.

Di Kota Pekanbaru sendiri, lanjut Sutopo, sejak jam 17.00 WIB tadi juga sudah mulai turun hujan cukup deras dan dilaporkan juga beberapa daerah seperti Kampar, Pelalawan, Bengkalis dan lainnya juga sudah mulai hujan.

Untuk memaksimalkan pemadaman dalam beberapa hari ke depan, sore tadi sekitar pukul 16.00 WIB telah tiba tim bantuan pusat sebanyak 600 personil TNI di Lanud TNI AU Pekanbaru dan langsung dibriefing.

Apel siaga dan pengiriman bantuan personil ke wilayah titik api akan dipimpin oleh Kepala BNPB, Syamsul Maarif,  pada 26 Juni 2013 besok di Lanud AU Pekanbaru.(Fat/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Disebut Daerah Terkorup, Gubernur Kalsel Bantah Data FITRA

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler