RIB Gelar Rapid Test Massal di GOR Pademangan

Minggu, 14 Juni 2020 – 17:26 WIB
Sandiaga Uno meninjau kegiatan rapid test massal RIB Lawan COVID-19 di GOR Pademangan, Jakarta Utara. Foto: Humas RIB Lawan COVID-19 for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Relawan Indonesia Bersatu (RIB) Lawan COVID-19 yang dikomandoi Sandiaga Uno terus membantu pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona. Kali ini, RIB menggelar kegiatan rapid test massal di salah satu zona merah di Jakarta.

Adapun lokasi yang dipilih yakni Gelanggang Olahraga (GOR) Pademangan RT 08 RW 012 Kelurahan Pademangan Barat, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara.

BACA JUGA: RIB Medan Bergerak demi Kemenangan Jokowi

Rapid test ini ditargetkan untuk para masyarakat umum, para Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU), Anggota Satpol Pamong Praja dan Dinas Perhubungan Jakarta Utara.

Ketua Umum RIB Lawan COVID-19 Sandiaga Uno meninjau langsung kegiatan rapid test massal ini. Dalam peninjauan, Sandiaga juga didampingi Wakil Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim dan Camat Pademangan Mumut Mujahid.

BACA JUGA: RIB dan Forum OKP Kompak Minta Jokowi Pilih Sipil jadi Kepala BIN

Sandiaga mengatakan, kegiatan ini merupakan hasil kerja sama RIB Lawan COVID-19, Pemerintah Kota Jakarta Utara, Dinas Kesehatan Jakarta Utara, Polres Jakarta Utara, TNI, dan Badan Intelijen Negara (BIN). Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara ini merupakan salah satu zona merah di wilayah DKI Jakarta.

“Sekarang fokus kami mendatangi lokasi yang tingkat penyebarannya sangat tinggi, terutama yang berada di zona merah. Kegiatan ini adalah bukti gerak cepat dari RIB Lawan COVID-19 yang berkoordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 dan Pemerintah Kota Jakarta Utara,” kata Sandiaga di Pademangan, Jakarta Utara, Minggu (14/6).

BACA JUGA: Detik-detik KM Dharma Rucitra III Tenggelam

Sandiaga menegaskan, rapid test ini merupakan bagian dari tatanan kehidupan baru atau new normal. Hal ini sesuai dengan protokol kesehatan yang tengah dijalankan pemerintah pemerintah saat ini. rapid test massal ini bisa mendeteksi dini dan memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

“Jadi, kami ingin mengimbau kepada seluruh anggota masyarakat jangan khawatir untuk melakukan tes. Karena ini akan menjadi bagian dari keseharian kita. Secara rutin akan dites untuk semua aktivitas sehingga dapat memutus mata rantai penyebaran COVID-19,” katanya.

Dalam rapid test massal ini, RIB menyiapkan 700-1.000 alat rapid test dan 39 tenaga medis. RIB juga tetap mengedepankan protokol kesehatan yang telah dianjurkan pemerintah dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 dalam pelaksanaan di setiap kegiatan, termasuk Rapid Test massal.

Selain itu, RIB juga menyiapkan dua mobil lab untuk tes PCR atau swab test dan dua mobil ambulans. Swab test ini diperuntukan bagi warga yang reaktif (positif) COVID-19. Mobile Lab RIB ini dapat mengambil 320 sampel per hari. Adapun, hasil swab test bisa diketahui hanya dalam tiga jam.

Berdasarkan data sementara RIB, hingga pukul 11.00 WIB, 200 orang sudah dilakukan rapid test. Dari peserta tersebut, enam orang reaktif COVID-19 dan dilanjutkan dengan swab test. Enam orang yang reaktif ini akan langsung dilakukan PCR test dengan menggunakan mobil laboratorium milik RIB.

“Nantinya, yang reaktif akan diobservasi lebih lanjut dan kita akan jaga mereka hingga sembuh. Kita akan terus melakukan 3 T (Testing, Tracing dan Threating). Dengan begitu, penyebaran wabah COVID-19 dapat segera teratasi. Saat ini, terdapat 5 RW di Pademangan yang menjadi zona merah,” tandas Sandiaga. (cuy/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler