Ribuan Fan Antre Sejak Pagi demi Jenazah Sridevi Kapoor

Jumat, 02 Maret 2018 – 06:24 WIB
Mobil jenazah Sridevi Kapoor melintasi jalan Mumbai yang berubah jadi lautan manusia, Rabu (28/1) sore. Foto: Reuters

jpnn.com, MUMBAI - Jalanan Mumbai berubah menjadi lautan manusia pada Rabu sore (28/2). Ribuan penggemar dan penduduk sekitar berjajar di sepanjang jalan utama untuk mengantar Sridevi Kapoor ke peristirahatan terakhirnya.

Jasad aktris berusia 54 tahun itu diletakkan di dalam peti kaca, dibalut bendera India, dan diarak di mobil berhias ribuan bunga putih. Suami Sridevi, Boney Kapoor, dan kedua putri mereka, Janhvi dan Khushi, terlihat menunduk di dekat peti.

BACA JUGA: Terungkap! Ternyata Ini Penyebab Kematian Sridevi Kapoor

Sebelum jasad Sridevi dikremasi, para fans berkesempatan memberikan penghormatan terakhir di Celebration Sports Club, Lokhandwala. Antrean mengular sejak pagi. Padahal, acara dimulai pukul 11.00 waktu setempat.

’’Tidak peduli berapa lama harus menunggu, aku akan tetap di sini. Aku akan menunggu sampai bisa memberikan penghormatanku,” ungkap Prashant, seorang fans pria yang hadir sejak pukul 07.00, sebagaimana dikutip NDTV. Tangannya menggenggam buket kecil.

BACA JUGA: Mengenang Sridevi Kapoor, Lima Dekade Berjaya tanpa Pria

’’Aku sudah menonton semua filmnya. Sridevi adalah aktris yang filmnya kali pertama kutonton di bioskop,’’ imbuhnya dengan wajah sendu.

Sayang, Prashant dan banyak fans yang lain tidak sempat menyampaikan penghormatan terakhir lantaran ketatnya penjagaan.

BACA JUGA: Artis Bollywood, Sridevi Meninggal Karena Serangan Jantung

Beberapa bintang Bollywood, misalnya Kajol, Ajay Devgan, dan Deepika Padukone, serta desainer Manish Malhotra, terlihat hadir di rumah duka.

Sementara itu, Shah Rukh Khan dan aktor senior Amitabh Bachchan datang di prosesi kremasi sore harinya.

Ungkapan belasungkawa juga datang dari Perdana Menteri India Narendra Modi.

’’Sedih atas kepergian mendadak aktris bertalenta Sridevi. Dia adalah seorang veteran di industri film, yang karirnya meliputi beragam peran dan penampilan tidak terlupakan,’’ cuitnya.

Presiden India Ramnath Kovind juga menyatakan dukanya lewat Twitter. ’’Dia meninggalkan jutaan fans yang patah hati. Penampilannya di Moondram Pirai, Lamhe, dan English Vinglish tetap menjadi inspirasi buat aktor lain,’’ cuitnya. Para petinggi organisasi pemerintahan juga menyampaikan duka atas kepergian Sridevi.

Ucapan duka buat Kapoor tidak putus muncul di linimasa media sosial sejak akhir pekan lalu. Tepatnya ketika aktris English Vinglish itu ditemukan meninggal di bathtub kamar hotelnya di Dubai, Uni Emirat Arab, pada 24 Februari lalu.

Sridevi berada di sana untuk menghadiri pernikahan sepupunya, Mohit Marwah, bersama suami dan putri bungsungnya, Khushi.

Meski tidak sempat menembus Hollywood, Sridevi merupakan aktris kesayangan publik India. Perempuan kelahiran 13 Agustus 1963 tersebut mengawali karir sebagai aktris cilik di serial TV lokal di Madras State, kota di selatan India. Menginjak usia remaja, dia mulai melakoni debut di Bollywood.

Popularitas Sridevi mencapai puncaknya pada akhir 1980-an. Sebagaimana dikutip dari Associated Press, namanya hampir selalu ada di bioskop kala itu. Dia adalah tokoh utama yang menjadi inti kisah romantis dan lagu-lagu cinta dalam film.

Meski sudah menjadi aktris papan atas, Sridevi tetap seorang pemalu yang memilih jauh jari sorotan kamera. Itu diungkapkan suaminya di Twitter.

’’Untuk dunia, dia adalah Chandni (sinar bulan sekaligus judul film Sridevi), standar kualitas para aktor, Sridevi; namun buatku, dia adalah cintaku, temanku, ibu untuk anak-anak perempuan kami, partnerku. Buat anak-anak kami, dia adalah segalanya, hidup mereka. Dia adalah poros keluarga kami,’’ tulisnya di Twitter.

Banyak pihak berspekulasi, aktris yang mendapat julukan superstar perempuan pertama di India itu meninggal akibat bunuh diri. Apalagi, pihak kepolisian setempat mengklaim, tenggelamnya Sridevi terbilang tidak wajar dan disengaja.

’’Kematiannya sangat mirip dengan Whitney Houston,’’ cuit aktris Bollywood Simi Garewal.

Dugaan itu menambah panjang daftar selebriti Bollywood yang melakukan bunuh diri. Mengutip Al Jazeera, setidaknya tercatat 16 aktris dan 9 aktor yang memilih mengakhiri hidup di India sejak 2014. Penyebab paling utama diduga tekanan dari publik dan media serta depresi. (NDTV/The Guardian/BBC/fam/c4/nda)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Aktor Bollywood Terpikat Pesona Raja Ampat


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler