Ribuan Guru Siap Ikut Ujian Sertifikasi

Sabtu, 25 Februari 2012 – 07:36 WIB

AMBON - Peningkatan mutu pendidikan di Indonesia terus ditingkatkan. Guna mendongkrak kompetensi pendidikan guru maka untuk pertama kalinya Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) menerapkan sertifikasi guru melalui Uji Kompetensi Awal (UKA).
   
Ketua Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Maluku, Drs M. Yamin Payapo kepada Ambon Ekspres (JPNN Group) mengatakan UKA akan dilaksanakan Sabtu (25/2) hari ini. Menurutnya, pelaksanaan uji kompetensi guru ini dilaksanakan secara serentak di seluruh kabupaten/kota di Maluku.

“Saya melihat untuk memetakan kompetensi guru awal berguna agar profil kompetensi guru dan pengawas mutunya lebih meningkat dan dapat di akomodir sesuai dengan kualifikasi kompetensi yang dimiliki oleh seorang pendidik,” ujarnya.
   
UKA merupakan mekanisme awal sebagai pengajar sebelum mengikuti PLPG (Pendidikan dan Latihan Profesi Guru). “Kami mendata peserta yang mengikuti UKA sekitar 1.585 orang dan terbagi atas 83 ruang kelas yang tersebar di seluruh kabupaten/kota di Maluku,” jelasnya.
   
Walaupun sudah diikuti lebih dari 1000 orang guru, Payapo mengaku ada beberapa daerah yang tidak dapat mengikuti ujian tersebut. “Kami memberikan toleransi kepada peserta yang tidak dapat mengikuti ujian. Bagi peserta yang tidak hadir agar segera melaporkan dengan alasan yang dapat dipertanggungjawabkan kepada dinas pendidikan di masing-masing daerah tempat mengikuti UKA,” tukasnya.
   
Dirinya menambahkan, informasi ke dinas pendidikan akan dilaporkan ke LPMP untuk akan dijadwalkan mengikuti UKA susulan pada Rabu (29/2) pukul 10.00 WIT. ‘’Kami berharap guru-guru yang menjadi peserta UKA dapat lolos dalam mengikuti ujian tersebut sehingga lanjut ke tahap berikutnya,’’ pungkas dia.(M1)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Jurnal Ilmiah Bukan Kebijakan Baru


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler