Ribuan Petani Tebu di Dompu Serukan Ganjar Presiden 2024

Selasa, 26 Juli 2022 – 00:27 WIB
Para petani tebu di Dompu, NTB mendeklarasikan dukungan kepada Ganjar Pranowo. Dok Petebu Dompu.

jpnn.com, DOMPU - Ribuan petani tebu yang ada di Desa Surinomo, Kabupaten Dompu, NTB mendeklarasikan dukungan kepada Ganjar Pranowo untuk maju dalam Pilpres 2024.

Para petani yang tergabung dalam Petebu Dompu itu berasal dari lima desa, yakni Desa Sorinomo, Desa Pekat, Desa Doropeti, Desa Beringan Jaya, dan Desa Nangakara.

BACA JUGA: Dinilai Memahami Pemuda, Ribuan Milenial di Banten Beri Dukungan untuk Ganjar

Ketua Koperasi Tani Tebu Karya Bersama Kabupaten Dompu Effendi Irawan mengatakan Ganjar punya rekam jejak dan visi yang jelas untuk kesejahteraan para petani.

Mulai dari bantuan permodalan, mengatasi persoalan dalam proses produksi, sosialisasi hasil panen, tata niaga, dan promosi.

BACA JUGA: Ribuan Warga Desa di Kabupaten Bandung Yakin Ganjar Bisa Menyejahterakan Petani

Kepedulian Ganjar Pranowo di sektor pertanian telah ditunjukannya saat masih menjabat sebagai anggota DPR RI hingga eksekutif seperti saat ini, memimpin wilayah Jawa Tengah.

"Sebagai petani tebu, kami percaya Bapak Ganjar Pranowo ini adalah figur yang pro terhadap masyarakat kecil. Dia memperhatikan masyarakat kecil terutama petani yang masih perlu bantuan," kata Effendi dalam siaran persnya, Senin (25/7).

BACA JUGA: Ini Alasan Ribuan Santri dan Ulama Beri Dukungan untuk Ganjar Pranowo

Effendi yang juga merupakan Ketua Karang Taruna Desa Surinomo mengaku petani tebu di Kabupaten Dompu merasakan dampak lesunya harga jual tebu yang kini berkisar Rp 440 ribu per ton.

Padahal perluasan area perkebunan tebu di kawasan Dompu sebenarnya masih harus dilakukan guna memenuhi kebutuhan gula baik tingkat daerah maupun nasional.

"Jika Bapak Ganjar Pranowo menjadi presiden, kami percaya beliau bisa membantu kami. Harga tebu kami supaya dimaksimalkan," kata Effendi

Effendi menyebut petani tebu di Kabupaten Dompu siap menjadi garda terdepan mendukung Ganjar Pranowo Presiden 2024-2029. Sebab, sosok Ganjar dinilai sebagai pemimpin berkarakter kuat, ramah, merakyat, tetapi juga tegas jika terjadi suatu permasalahan.

"Jadi, sosoknya (Ganjar) diharapkan oleh masyarakat tani untuk memperjuangkan hak-hak tani terutama masalah nilai jual produksi tani kami," kata Effendi.

Salah satu petani tebu asal Desa Doropeti, Imran (30) menyebutkan Ganjar Pranowo merupakan putra bangsa yang dibutuhkan untuk memimpin Indonesia ke depan.

Menurut Imran, pandangan Ganjar terbukti dapat mengentaskan banyak permasalahan tani.

"Figur dari bapak Ganjar ini luar biasa, beliau sayang anak-anak, pemikirannya jauh ke depan, itulah beliau," kata Imran. (cuy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ratusan Petani Tebu di Lampung Terpikat Komitmen Ganjar pada Pertanian


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler