Ribuan Warga Kotawaringin Timur Meriahkan Pawai Taaruf Sambut Tahun Baru Islam

Minggu, 07 Juli 2024 – 17:02 WIB
Rombongan pelajar Kotim turut memeriahkan pawai taaruf menyambut Tahun Baru Islam 1446 Hijriah, Samuda Kota, Minggu (7/7/2024). (ANTARA/HO-Diskominfo Kotim)

jpnn.com, SAMPIT - Sebanyak 2.500 warga di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah (Kalteng), meramaikan pawai taaruf yang digelar dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah.

Penyelenggaraan pawai taaruf merupakan kegiatan rutin tiap memperingati Tahun Baru Islam telah di Kecamatan Mentaya Hilir Selatan.

BACA JUGA: Penjelasan Polisi Soal Ambulans Terhalang Rombongan Jokowi di Sampit

Namun tahun ini atas permintaan Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor, pawai taaruf digelar sebagai pembuka acara Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-55 dan Festival Seni Qasidah (FSQ) 2024.

“Tidak terasa setahun sudah kita menjalani kehidupan di tahun 1445 Hijriah. Sekarang kita memasuki tahun baru 1446 Hijriah. Ini berarti satu tahun sudah umur kita bertambah,” kata Halikinnor di Samuda Kota, Minggu (7/7).

Kegiatan yang dilaksanakan di Kelurahan Samuda Kota, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, sekaligus menjadi pembuka rangkaian kegiatan.

Dalam kesempatan tersebut Halikinnor mengajak masyarakat, khususnya umat Islam, untuk muhasabah atau introspeksi diri, terutama terkait tugas dan fungsi hidup untuk kemaslahatan umat dan beribadah kepada Allah SWT. Selain itu, kata dia, memikirkan sudah sampai dimana dan dipakai untuk apa umur pada waktu yang lalu.

Dia pun mengajak masyarakat agar memanfaatkan waktu yang tersisa sebaik-baiknya dengan giat belajar, giat bekerja, giat beribadah, serta giat dalam membangun negara dan bangsa.

“Karena waktu itu ibarat pedang, jika kita tidak bisa menggunakan pedang itu dengan sebaik-baiknya, tentulah pedang itu akan melukai diri sendiri,” ucapnya.

BACA JUGA: Jokowi Pantau Langsung Harga Pangan di Kota Sampit

Dengan peringatan 1 Muharram 1446 Hijriah, kata dia, diharapkan seluruh masyarakat bisa memperbaiki iman dan akhlak serta ketakwaan kepada Allah, sehingga berguna untuk NKRI.

“Mudah-mudahan tahun ini jauh lebih baik dari tahun kemarin dan banyak membawa manfaat bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat,” kata Halikinnor.

Sementara itu perwakilan panitia, Syahrial mengatakan jumlah peserta melebihi target. Ada sekitar 2.500 peserta ikut memeriahkan pawai taaruf kali ini terdiri atas kalangan pelajar, kafilah, dan official MTQ dan FSQ, perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kotawaringin Timur dan organisasi masyarakat. (antara/jpnn)

BACA JUGA: Lapas Sampit Penuh, 25 Napi Dipindah ke Palangka Raya

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Lewat Kegiatan Ini, Bea Cukai Tingkatkan Pengetahuan Mahasiswa USU dan STIE Sampit


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler