Ribuan Warga Serbu Pantai Ini Selama Libur Lebaran

Minggu, 10 Juli 2016 – 23:56 WIB
Pantai Nongsa, Batam, Kepri ini dipadati wisatawan saat liburan Lebaran. Foto: Batam Pos / jpg

jpnn.com - BATAM - Libur panjang Lebaran dan sekolah banyak dimanfaatkan oleh warga Batam untuk mengunjungi tempat-tempat wisata seperti, pantai, jembatan barelang, hingga pusat perbelanjaan.

Kepala Dinas Pariwisata, Yusfa Hendri mengatakan wisata kuliner dan pantai merupakan tujuan yang paling ramai dikunjungi. oleh karena itu Pemko Batam juga telah menyurati beberapa tempat tujuan wisata untuk meningkatkan pelayanan dan meningkatkan pengamanan.

BACA JUGA: Jembatan Kapuas dan Landak Baru Diharapkan Rampung 2017

"Seperti memberi tanda zona aman di pantai, hal ini untuk menghindari adanya korban saat libur panjang ini," jelasnya seperti dikutip dari batampos (Jawa Pos Group).

Dia juga mengimbau kepada pengelola untuk berkoordinasi dengan pihak keamanan setempat seperti Polsek dan Puskesmas, jika terjadi kecelakaan.

BACA JUGA: Lonjakan Arus Balik di Bandara Tinggi, Tiket KA Juga Habis

Momen libur panjang ini, lanjut Yusfa berdasarkan data yang dihimpun dari bandara dan pelabuhan di Batam, ada peningkatan sekitar 20 persen jumlah wisatawan yang datang ke Batam.

"Jumlah kunjungan diprediksi bisa mencapai 20 hingga  30 ribu selama libur Lebaran, ditambah liburan sekolah. Selain banyak yang mudik, Batam juga bisa menjadi tempat transit wisatawan yang berkunjung ke negara tetangga," terang dia.

BACA JUGA: Balekambang Solo Pun Jadi Destinasi Wisata Khas di Pesona Lebaran

Menurutnya setiap tahun kunjungan wisatawan lokal bisa mencapai lima juta wisatawan, sedangkan untuk wisata asing 1,5 juta per tahunnya.

"Kita harapkan di momen liburan ini, akan banyak kunjungan yang masuk ke Batam," tukasnya.

Libur Lebaran, objek wisata Pantai Nongsa masih menjadi primadona dan tujuan wisata favorit warga untuk menghabiskan liburan bersama keluarga.

Pengelola Pantai Nongsa, Bachtiar mencatat sedikitnya seribu pengunjung sudah memadati Pantai Nongsa pada H+1. "Lebaran kedua paling ramai," ujarnya kepada Batam Pos, Sabtu (9/7).

Ia memprediksi, Pantai Nongsa masih akan dipadati pengunjung sampai Minggu (10/7) ini. Bachtiar juga meminta kepada pengunjung agar selalu menjaga kebersihan pantai dengan tidak membuang sampah sembarangan. 

Pantai Nongsa tidak hanya menawarkan keindahan pantai dan lautnya, pengunjung juga bisa menikmati fasilitas lainnya yang tersedia di pantai tersebut. Seperti bermain banana boat yang cuma dikenakan biaya Rp 20 ribu per orang. 

Ada juga Pulau Putri yang menjadi destinasi wisata lain yang terletak sekitar satu km dari Pantai Nongsa. Pengunjung bisa menyebranginya dengan menggunakan perahu. Cukup dengan membayar Rp 20 ribu per orang yang sudah termasuk ongkos pergi pulang.

Sementara itu, salah satu pengunjung yang tengah berlibur bersama keluarganya, Gatot mengatakan, Pantai Nongsa ditunjuknya sebagai tujuan wisata bersama keluarga dikarenakan harga masuk yang sangat murah. "Cuma Rp 5.000 per orang," tutur warga Batamc ini.

Selain harga masuk yang murah, cuaca dan ombak di Pantai Nongsa sangat mendukung untuknya mengajak istri beserta kedua putrinya untuk berlibur di pantai ini. "Cuaca cerah dan ombaknya sangat tenang," kata pria asal Klaten, Jawa Tengah ini.

Kondisi yang sama juga terlihat di Pantai Tanjungpinggir. Warga dari penjuru Batam memadati pantai dengan view gedung-gedung pencakar langit Singapura. Selain itu, sejumlah pantai yang ada di trans Barelang juga dipenuhi warga yang sedang mengisi libur Lebaran. (cr17/cr16/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pengunjung 3 Top Destinasi Wisata Cirebon Naik 400 Persen Lebih


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler