Ridwan Kamil Bakal Dapat Dukungan KIM Plus, Elektabilitasnya Diprediksi Masih Bisa Melejit

Selasa, 06 Agustus 2024 – 12:53 WIB
Ridwan Kamil. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif Era Politik Indonesia Khafidlul Ulum menganggap elektabilitas mantan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil atau RK masih bisa menanjak menjelang Pilkada 2024 Jakarta.

"Ridwan Kamil punya modal yang bisa dibawa dari Jawa Barat ke Jakarta," kata dia kepada awak media, Selasa (6/8).

BACA JUGA: Anies Diblok Partai dan Penguasa, Ridwan Kamil Bakal Lawan Kotak Kosong di Jakarta

Ulum mengatakan RK tidak punya rekam jejak negatif dan berpengalaman di level eksekutif, sehingga elektabilitas eks Wali Kota Bandung itu bisa melejit.

”Selama ini Ridwan Kamil juga tidak ada rekam jejak negatif. Dari sisi pencitraan politik bagus, penerimaan masyarakat bagus,” lanjut dia.

BACA JUGA: Golkar Percaya Diri Bisa Dongkrak Elektabilitas Ridwan Kamil di Jakarta

Ulum bahkan memprediksi elektabilitas RK bisa menjadi yang tertinggi jelang Pilkada Jakarta 2024 yang bakal dilaksanakan dalam beberapa bulan ke depan.

”Elektabilitasnya kalau dibilang rendah tidak, belum terlalu tinggi dan itu, kan, masih ada waktu untuk menggenjotnya,” ujarnya.

BACA JUGA: Geram Kapolres Jember 5 Anggotanya Dikeroyok Pesilat PSHT, Aipda Parmanto Terluka Parah

Ulum melanjutkan dukungan KIM Plus untuk RK pada Pilkada Jakarta 2024 juga bisa menjadi pemulus Waketum Golkar itu meningkatkan elektabilitas.

Sebab, kata dia, KIM Plus yang terdiri dari banyak partai bakal menggenjot angka keterpilihan RK pada pilkada berikon Monas itu.

"Peluangnya akan besar untuk menang kalau KIM Plus terbentuk dan partai-partai itu berkumpul di situ,” kata Ulum.

Sebelumnya, Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyebut RK bakal diusung oleh gabungan partai yang disebut KIM Plus pada Pilkada Jakarta 2024.

"Insyaallah di Kim Plus sudah muncul satu nama, yaitu Ridwan Kamil untuk Pilkada DKI Jakarta," kata Dasco menjawab awak media di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (5/8).

Diketahui, KIM adalah poros politik yang terdiri dari Gerindra, Golkar, PAN, Demokrat, PSI, hingga PBB untuk mengusung paslon Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Pilpres 2024 RI.

Namun, Dasco tidak bisa memerinci nama partai di luar KIM pada Pilpres 2024 RI yang akan menyusul mendukung RK untuk membentuk KIM Plus.

Wakil Ketua DPR RI itu hanya menyebut ada lebih dari satu partai di luar KIM pada Pilpres 2024 RI yang akan mendukung RK pada Pilkada Jakarta tahun ini.

"Plusnya lebih dari satu. Ya, nanti sehari atau dua hari, kan, ketauan, kan, asal sinkronisasinya," ujar Dasco. (ast/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pemerintah Siapkan 40 Ribu Kuota CPNS, 5% Ditempatkan di IKN


Redaktur : Rah Mahatma Sakti
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler