Ridwan Kamil Berpamitan, Bakal Dilamar Ganjar atau Prabowo?

Selasa, 05 September 2023 – 09:12 WIB
Ridwan Kamil saat di Masjid Raya Al Jabbar, Kota Bandung. Foto/dok: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kolumnis kondang Dahlan Iskan menyoroti kans Ridwan Kamil menjadi bakal calon wakil presiden (cawapres) di Pilpres 2024.

Kemarin, suami Atalia Praratya itu berpamitan. Sebab, hari ini, 5 September, masa jabatannya sebagai gubernur Jawa Barat berakhir.

BACA JUGA: Survei Litbang Kompas: Ridwan Kamil Tertinggi, Sandi dan Erick Thohir di Bawah

Hal yang sama juga dialami Ganjar Pranowo di Jateng, gubernur Sumut, Papua, NTT, NTB, Kalbar, Sulsel, Sultra, dan gubernur Bali.

"Di antara mereka, yang langsung sibuk adalah Ganjar. Dia sudah resmi jadi calon presiden dari PDI Perjuangan," tulisan Dahlan, Disway edisi Selasa (5/9).

BACA JUGA: Urungkan Niat Memolisikan SBY, Sahroni Ajak Demokrat Debat Terbuka Meluruskan Isu Anies - AHY

Dahlan menilai Ridwan masih harus berjuang. Yang sudah pasti adalah maju lagi di Jabar untuk periode kedua pada Pilkada serentak 2024.

Selain itu, Kang Emil -sapaan Ridwan Kamil juga masih punya peluang besar yang lebih baik, yakni dilamar jadi wakil presiden.

BACA JUGA: PD Tinggalkan Anies Baswedan, Ada Peluang Mimpi Pak SBY jadi Kenyataan

"Terserah, oleh Ganjar atau Prabowo Subianto," demikian tulisan Dahlan.

Prabowo memang sudah kuat di Jabar. Itu terbukti di pilpres empat tahun lalu.

Namun belum tentu bagaimana suaranya tahun depan, ketika Anies juga kuat di Jabar.

Menurut Dahlan, rasanya Prabowo lebih mencari pasangan untuk menang di Jatim. Itu karena di pilpres lalu ketua umum partai Gerindra itu kalah telak di sana.

"Seharusnya Ganjar lebih berkepentingan atas Kang Emil. Ganjar lemah di Jabar maupun di Jatim, tetapi Jatim tidak masalah," tulisan Dahlan.

Eks menteri BUMN itu menyebut mesin politik PDI Perjuangan akan bisa menggerakkan Jatim untuk memenangkan Ganjar, karena PDIP adalah pemenang pemilu di provinsi itu.

"Karena itu ketua DPRD Jatim berasal dari PDI Perjuangan. Bukan PKB. Dari hitungan itu Ridwan bisa sangat dibutuhkan oleh Ganjar. Kecuali ada hitungan lain," demikian analisis Dahlan.

Menurut Dahlan, apa pun Ganjar harus menang di Jabar, tetapi lewat apa?

Kekuatan pribadi Ganjar ditambah mesin partainya dinilai bakal bisa sikat habis suara di Jateng.

Begi pula lewat partainya, Ganjar bisa menang di Jatim. Nah, lewat Kang Emil, mungkin suami Atiqoh Supriyanti tersebut bisa memenangkan Jabar.

"Namun, Ridwan Kamil adalah Golkar. Waktu pamitan kemarin, dia mengenakan kaus oblong warna kuning. Ada tulisan sederhana di dadanya: Nuhun Jawa Barat," tulisan Dahlan.

Melalui tulisan berjudul Ridwan Jabbar, Dahlan pun masih bertanya-tanya siapa yang mengincar Ridwan Kamil? Prabowo? Ganjar? Atau jomlo?

"Kalaupun jomlo tidak akan lama. Tahun depan pilgub dilangsungkan. Yakni setelah pilpres. Setelah pileg," tulisan Dahlan.(*/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:

BACA ARTIKEL LAINNYA... PKS Tak Ikut Deklarasi Anies-Muhaimin, Bisa Jadi Itu Taktik


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler