Ridwan Kamil dan Soekarwo Masuk Golkar, Elektabilitas Airlangga Akan Terdongkrak?

Minggu, 22 Januari 2023 – 11:45 WIB
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Waketum Golkar Ridwan Kamil. Foto: Partai Golkar

jpnn.com, JAKARTA - Konon elektabilitas Airlangga Hartarto bakal terdongkrak setelah Ridwan Kamil dan Soekarwo bergabung dengan Partai Golkar.

Ridwan Kamil merupakan gubernur Jawa Barat, sedangkan Soekarwo mantan gubernur Jawa Timur.

BACA JUGA: Ridwan Kamil Bergabung ke Golkar, Pak JK: Ahlan Wa Sahlan

Pakar Komunikasi Politik Emrus Sihombing memprediksi bergabungnya dua tokoh daerah itu akan menaikkan elektabilitas Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

"Apakah akan meningkatkan elektoral daripada Airlangga? Secara hipotesis saya katakan, iya," kata Emrus di Jakarta, Sabtu (21/1).

BACA JUGA: Soal Kans Ridwan Kamil Jadi Cawapres, Elite Golkar Ini Singgung Politik Tahu Diri

Emrus menilai elektabilitas Airlangga bakal naik signifikan di Jawa Barat apabila Ridwan Kamil (RK) mengkampanyekan Airlangga di basis wilayahnya tersebut.

"Kalau memang RK mau mengkampanyekan Airlangga capres maka pengikut yang cinta atau yang senang dan militan terhadap RK akan cenderung mengikuti pesan yang disampaikan oleh RK," ujarnya.

BACA JUGA: Perpanjangan Masa Jabatan Kades Cuma Menyuburkan Politik Dinasti

Peningkatan elektabilitas Airlangga diyakini bakal terjadi di Jawa Timur karena Soekarwo adalah mantan gubernur dua periode.

Walakin, Emrus memprediksi lumbung suara akan terpecah karena yang saat ini menjabat sebagai gubernur Jawa Timur merupakan Khofifah Indar Parawansa.

Namun demikian, dia menyebut para loyalis Soekarwo sudah pasti akan mengikuti apa yang disampaikan eks gubernur Jatim dua periode itu.

"Secara de facto, saya pikir pengaruh Soekarwo masih sangat bagus karena yang bersangkutan tidak memiliki cacat politik atau hukum," ucapnya.

Emrus bahkan menyarankan Airlangga juga menggaet Khofifah sekalian untuk berkiprah di Partai Golkar agar elektabilitas partai berlogo beringin rindang itu juga makin moncer.

"Kalau Jatim sudah ada mantan gubernur, kenapa tidak kemudian menarik Khofifah?" ujar Emrus.

Diketahui, Ridwan Kamil sekarang menjabat wakil ketua umum bidang penggalangan pemilih dan co-chair Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Golkar.

Sementara itu, eks Gubernur Jawa Timur Soekarwo juga sudah masuk dalam jajaran kepengurusan Partai Golkar sebagai wakil ketua Dewan Pakar.(antara/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler