Ridwan Kamil Menjalani Karantina Tiga Hari Seusai Dinas Luar Negeri

Sabtu, 06 November 2021 – 16:45 WIB
Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil. (ANTARA/HO-Humas Pemprov Jabar)

jpnn.com, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil alias Kang Emil melakukan karantina selama tiga hari sesuai pulang dari perjalanan dinas luar negeri. 

Selain Ridwan Kamil, rombongan yang turut berangkat ke luar negeri juga melakukan karantina di hotel yang ditunjuk Satgas Penanganan Covid-19. 

BACA JUGA: Tiba di Indonesia, Presiden Jokowi Langsung Menjalani Karantina Mandiri

Ketua Harian Satgas Penanganan COVID-19 Jabar Dewi Sartika mengatakan karantina dilakukan sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Kami mengikuti aturan pusat, yang mana setiap warga negara yang baru pulang dari perjalanan luar negeri wajib karantina 3 x 24 jam di tempat yang dirujuk oleh Satgas Nasional," kata Dewi dalam siaran pers Humas Pemprov Jabar, Sabtu (6/11).

BACA JUGA: Karantina Mandiri, PM Malaysia Tak Hadiri Pelantikan Menteri

Menurut dia, Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengikuti sejumlah prosedur. 

Salah satunya, kata Dewi, menjalani uji usap begitu tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, dan langsung menuju tempat karantina. 

BACA JUGA: Terjerat Kasus Dugaan Kabur Saat Karantina, Rachel Vennya apa Kabar?

Begitu juga di akhir masa karantina nanti, kata dia, gubernur harus menjalani test swab untuk memastikan hasil negatif. 

“Dan boleh melanjutkan pulang ke Jawa Barat untuk kembali menjalankan tugas," kata Dewi. 

Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Jabar Wahyu Mijaya menuturkan selama Gubernur Ridwan Kamil menjalani karantina, roda pemerintahan Jabar tetap berjalan.

"Tetap berjalan, karena selama menjalani karantina, Pak Gubernur tetap bisa memimpin rapat secara daring dan melakukan koordinasi, instruksi atau arahan seperti biasa," katanya.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil  melakukan perjalanan dinas ke beberapa kota mancanegara seperti Glasgow, Amsterdam, dan Dubai.

Di Glasgow, Kang Emil berkesempatan menjadi pembicara dalam Konferensi PBB tentang Perubahan Iklim 26 (COP 26). (antara/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler