Riedl Bukan Incar Hasil Imbang di Hanoi

Senin, 05 Desember 2016 – 16:57 WIB
Alfred Riedl (kiri). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - TIMNAS Indonesia hanya butuh hasil imbang di Hanoi. Kemenangan 2-1 pada leg pertama semifinal Piala AFF 2016 Sabtu (3/12) lalu membuat beban timnas lebih ringan. 

Boaz Solossa dkk hanya butuh hasil seri saat menghadapi Vietnam di leg kedua Rabu mendatang (7/12). Namun, arsitek timnas Alfred Riedl menegaskan bahwa di Hanoi nanti timnya tak mengincar hasil imbang. "Kami tetap mengincar kemenangan,’’ kata Riedl. 

BACA JUGA: Usai Jalani Laga Berat di Bali, Cuma 9 Pemain yang Kembali ke Malang

Memang, timnas pernah kalah 2-3 saat uji coba melawan Vietnam bulan lalu (8/11). Namun, Riedl menegaskan bahwa hasil uji coba tersebut tak bisa dijadikan acuan. ’’Waktu itu (saat uji coba bulan lalu) kami sebetulnya sudah unggul 2-1. Karena lengah, Vietnam akhirnya bisa bikin dua gol dan menang 3-2,’’ beber pelatih asal Austria itu.

Boaz Solossa dkk bisa memahami keinginan pelatihnya. Mereka sadar bahwa perjuangan lolos ke final belum tuntas. ’’Jadi, saya berharap ke teman-teman agar terus fokus di laga kedua nanti. Kita boleh bangga dengan kemenangan kemarin, tapi jangan pernah berpuas diri,’’ kata Boaz.

BACA JUGA: Arema Cronus Harus Ekstra Keras

Kapten timnas tersebut perlu mengingatkan rekan-rekannya. Sebab, dalam beberapa kali pertandingan, pemain selalu lengah saat sudah unggul. Fenomena itu terjadi ketika pertandingan melawan Thailand dan Filipina pada babak penyisihan Grup A di Manila akhir November lalu.

Ketika melawan Thailand, misalnya, Indonesia yang sudah berhasil mengejar ketertinggalan dengan menyamakan kedudukan menjadi 2-2 seharusnya berpeluang memenangkan laga tersebut. Namun, pada sepuluh menit terakhir, lini belakang Garuda –julukan timnas– mulai kehilangan konsentrasi. Thailand lantas memanfaatkan situasi itu dengan mencetak dua gol tambahan.

BACA JUGA: Siap-siap Ya, Wasit ISC A, B, dan U-21 Bakal Dievaluasi

"Bermain melawan tim kuat di kandang Vietnam bukan pekerjaan yang mudah. Tapi, saya optimistis kami bisa melakukan yang terbaik,’’ papar striker Persipura Jayapura itu. (ben/fim/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ada Pemain Cedera Ringan, Riedl: Tidak Masalah


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler