Riedl Tegaskan Pada Pemain Jangan Buat Kesalahan Sendiri

Kamis, 01 Desember 2016 – 19:59 WIB
Alfred Riedl saat memimpin latihan di lapangan SPH Sentul, Bogor. Foto: Amjad/JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia Alfred Riedl mewanti-wanti anak asuhnya jelang laga kontra Vietnam di first leg Semifinal Piala AFF 2016 pada 3 Desember nanti. 

Pelatih asal Austria itu melarang Boaz Solossa dkk melakukan self error alias kesalahan sendiri. Jika itu terjadi, bahaya pasti datang.

BACA JUGA: Joko Driyono Sebut Laga Tunda PS TNI vs Sriwijaya FC Medio Desember

"Vietnam pemainnya fit dan tajam di depan, jadi jangan sampai pemain kita buat self error. Bisa membahayakan gawang sendiri," tegas Riedl seperti diberitakan Sumatera Ekspress (Jawa Pos Group).

Sejak penyisihan Grup A, pemain Timnad Indonesia banyak melakukan keselahan sendiri. Baik itu salah menghalau bola di depan gawang juga saat menghentikan laju penyerang lawan yang mendekat ke jantung pertahanan. 

BACA JUGA: Arema Tak Pusing Pikirkan Pengganti Syaiful Huda

Akibatnya, dua kali Filipina sukses jebol gawang Indonesia melalui dua kali set piece. Kemudian dua dari empat gol Thailand saat pertemuan melawan Indonesia berakhir 4-2 juga berkat kesalahan bek. 

Total, 7 gol bersarang ke gawang Indonesia dari tiga pertandingan.

BACA JUGA: Riedl Akui Penggawa Vietnam Punya Kecepatan di Atas Rata-rata

Apalagi, di laga nanti Pasukan Garuda tampil tanpa dua bek andalan, Yanto Basna dan Fachrudin Aryanto. Keduanya harus diparkir karena akumulasi kartu kuning. 

Bertempat di Stadion Pakansari Cibinong, Bogor, Riedl sedang mencari bek pengganti yang pas. Di pos ini, Timnas Indonesia menyisakan Hansamu Yama Pranata, Gunawan Dwi Cahyo, dan Manahati Lestusen.

"Mulai kemarin sore (selasa), hingga besok kami perhatikan untuk posisi bek tengah. Kami masih punya tiga kali latihan dan Jumat baru ambil keputusan," terang Asisten Pelatih Timnas Indonesia Wolfgang Pikal.

Gunawan Dwi Cahyo mengaku siap jika diberikan kepercayaan menjaga benteng pertahanan Timnas Indonesia saat lawan Vietnam nanti. 

Pengalamannya memperkuat tim-tim papan atas dan menjadi bagian dari skuad Timnas Indonesia U-23 saat SEA Games 2011 menjadi modal tersendiri di laga nanti. 

"Jika dipercaya tentu menjadi motivasi tersendiri buat saya. Saya tidak akan sia-siakan kesempatan itu," terang mantan bek tengah Sriwijaya FC ini.(kmd/nan/ray/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Timnas Garuda Bakal Menyerang


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler