Riset G-Comm: Jokowi - Kiai Ma'ruf Ungguli Prabowo - Sandiaga di Medsos

Selasa, 12 Februari 2019 – 17:46 WIB
DEBAT PERDANA: Duet Joko Widodo - KH Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto - Sandiaga S Uno pada debat perdana peserta Pilpres 2019 di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (17/1) malam. Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Riset yang dilakukan G-Communications (G-Comm) menunjukkan pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo – KH Ma’ruf Amin mengungguli Prabowo Subianto – Sandiaga Uno di media sosial.

Berdasarkan riset yang dilakukan pada 1-31 Januari 2019, kata kunci Jokowi-Ma’ruf di pemberitaan yang dibagikan di medsos memiliki tone positif mencapai 84 persen.

BACA JUGA: Fadli Zon Yakin Banget Suara Jokowi di Pilpres Tak Akan Sampai 40 Persen

Sementara itu, tone negatif hanya 16 persen. Di sisi lain, Prabowo-Sandiaga mendapat tone positif sebesar 77 persen, sedangkan tone negatif mencapai 23 persen.

Direktur G-Comm Andi Irman mengatakan, keunggulan Jokowi-Ma’ruf terjadi akibat munculnya isu-isu negatif yang dialamatkan kepada Prabowo-Sandi.

BACA JUGA: Fadli Zon Ungkap Hasil Survei Internal, Seru Bro!

BACA JUGA: Kalah Simulasi Pilpres 2019, Blusukan Jokowi di Jabar Terkesan Sia-sia

Misalnya, hoaks yang disebar tim Prabowo-Sandiaga. Faktor lainnya ialah sikap pesimistis Prabowo terhadap bangsa.

BACA JUGA: Jokowi Kalah Simulasi Pilpres 2019 di Jabar, Reni: 02 Turun

“Dari hasil riset yang kami lakukan selama Januari memang menunjukkan isu-isu negatif yang disebarkan tim pemenangan pasangan Prabowo-Sandi, selain hoaks dan rasa pesimistis Prabowo, masyarakat di media sosial juga merasa visi dan misi Prabowo tidak jelas saat debat perdana,” kata Andi, Senin (11/2)

Andi menambahkan, ada isu lain yang mencuat di kubu Prabowo-Sandi. Yakni, terkait keterlibatan Prabowo pada kasus HAM dan menyetujui mantan koruptor jadi calon legislatif.

Sementara itu, kata Andi, pada periode yang sama, elektabilitas Jokowi-Ma’ruf masih unggul dengan beberapa tren isu yang ramai diperbincangkan di media sosial.

Dia menambahkan, selama periode Januari 2019, hasil riset menunjukkan jumlah berita atau artikel yang dibagikan di kanal Facebook dan Twitter

dengan kata kunci Jokowi-Ma’ruf mencapai 4.314 berita yang tersebar.

“Dari jumlah ini mendapatkan jumlah share sebanyak 2.518.472 dengan rata-rata share per artikel sebanyak 584,” jelas Andi. (jos/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sang Jenderal Sebut Prabowo – Sandi Sudah Menang, nih Angkanya


Redaktur & Reporter : Ragil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler