Risma Pekikkan Merdeka Sebelum Sampaikan Materi di Rakernas PDIP

Rabu, 22 Juni 2022 – 14:06 WIB
Ketua DPP PDI Perjuangan Tri Rismaharini saat menjadi pemateri Rakernas II 2021 di Sekolah Partai, Jakarta Selatan, Rabu (22/6). Dokumen DPP PDIP

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Tri Rismaharini memekikkan merdeka sebelum dirinya mengisi materi pembekalan 34 Ketua DPD.

Diketahui, pembekalan oleh Risma digelar saat PDIP menggelar Rakernas II 2021 di sebuah ruangan yang berada di lantai dua, Sekolah Partai, Jakarta Selatan, Rabu (22/6).

BACA JUGA: Eko: Bu Risma Jadi MenPAN-RB, Urusan Honorer Pasti Tuntas

Risma tampak mengepalkan tangan saat memekikkan merdeka sebanyak tiga kali. Pekikan itu direspons peserta Rakernas II 2021 dengan ucapan serupa.

"Merdeka, merdeka, merdeka," kata mantan Wali Kota Surabaya itu sebelum pembekalan materi saat Rakernas II 2021 di Sekolah Partai, Rabu.

BACA JUGA: Terbang ke Semarang, Mensos Risma Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir Rob

Setelah pekikan merdeka, Risma mengungkapkan kinerjanya sebagai Mensos yang mengedepankan prinsip 3T, yakni terdepan, terpencil, dan terbelakang.

Adapun, kerja itu dilakukan sebagai perwujudan ideologi kerakyatan yang dipegang oleh PDIP.

BACA JUGA: Ganjar - Bambang Pacul Terlihat Akrab di Rakernas II PDIP, Arif: Bukan Hal Aneh

Prinsip 3T dari Risma itu bertujuan untuk memberdayakan rakyat Indonesia di pedalaman agar menikmati akses yang sama dengan warga kota.

Risma kemudian mengaku semasa menjadi Mensos sudah mengurusi beberapa kebutuhan penting warga di Pulau Bertam, Kepulauan Riau.

Semisal, kata Alumni Institut Teknologi Sepuluh November itu, pemerintah sudah mengusahakan air bersih dan pembangunan tower agar warga di sana bisa berkomunikasi.

"Ada air bersih. Sekarang sudah bisa berkomunikasi. Kami bangun di situ agar mereka bisa belajar daring. Kami pasang tower, ada jaringan," lanjut Risma.

Wanita kelahiran Kediri, Jawa Timur itu mengatakan pemerintah juga mengurusi kebutuhan warga di Kampung Erosaman, Distrik Derkoumur, Kabupaten Asmat, Papua.

Awalnya, kata dia, pemerintah menyampaikan bantuan yang belakangan menjadi kiriman pertama yang pernah mendarat di Kampung Erosaman.

Berikutnya, kata Risma, pemerintah sedang mengupayakan lumbung pangan di Kampung Erosaman. Termasuk, membudidayakan lele bagi masyarakat di sana.

"Nah, akhirnya kami buat ternak lele. Di sini kami buat perpustakaan," ungkap Risma.

Pembekalan dari Risma tidak hanya diberikan bagi Ketua DPD PDIP di 34 provinsi dan gubernur.

Para Bendahara DPD PDIP di 34 provinsi juga menerima pembekalan serupa.

Tampak sejumlah pengurus DPP PDIP seperti Rudianto Tjen, Mindo Sianipar, I Made Urip, Ribka Tjiptaning, Djarot Syaiful Hidayat, Rokhmin Dahuri, Hamka Haq, dan Kepala BKNP PDIP Aria Bima, mendampingi Risma saat menyampaikan materi.

Sementara itu, dari kalangan peserta Rakernas II hadir sejumlah gubernur dari PDIP, seperti Gubernur Bali Wayan Koster dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (ast/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Siapa Capres dari PDIP? Puan Bilang Begini, Pakai Frasa Hak Prerogatif


Redaktur : Fathan Sinaga
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler